Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang

Authors

  • Ayu Puji Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Endang Rumiarci SDN Sambirejo 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Chromebook dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas IV SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Langkah-langkah penggunaan Chromebook. 2) Perolehan belajar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Subjek penelitian ini adalah: 1) Kegiatan pembelajaran dengan penggunaan Chromebook. 2) Peserta didik kelas IV 3) Guru Kelas IV. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Chromebook dalam pembelajaran IPAS meningkatkan perolehan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. secara kualitatif, hal ini tampak dari hasil pengamatan dan hasil wawancara yang dilakukan bahwa sebagian besar peserta didik menyatakan senang terhadap penggunaan Chromebook dalam pembelajaran dan cukup memudahkan dalam memahami materi pembelajaran.

Keywords:

Chromebook, Antusias Belajar, Perolehan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1-15.

Merliana, N. P. E., Putra, P. B. A. A., & Gunawan, I. G. D. (2021). Teknologi Augmented Reality Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Agama Hindu. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 71-75.

Mitchell, I., Keast, S., Panizzon, D., & Mitchell, J. (2017). Using ‘big ideas’ to enhance teaching and student learning. Teachers and teaching, 23(5), 596-610.

Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan. Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rofi’uddin, A.H. (1994). Rancangan Penelitian Tindakan. Malang: Lembaga Penelitian IKIP Malang

Sakat, A. A., Zin, M. Z. M., Muhamad, R., Anzaruddin, A., Ahmad, N. A., & Kasmo, M. A. (2012). Educational Technology Media Method In Teaching And Learning Progress. Advances in Natural and Applied Sciences, 6(3), 484-490.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Sanjaya, W. (2012).Perencanaan dan Desaign Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sola, E., Bahtiar, I. A., & Sudarman, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mpi Kelas B Semester Iv Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(01), 48-61.

Suminar, D. (2019, May). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783).

Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), 113-120.

Suyanto, Umar, S. & Rustiyarso. (2015). Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw dalam Pembelajaran IPS di Kelas IX MTS Negeri Ketapang. Pontianak: Program Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Downloads

Abstract Views : 567
Downloads Count: 1994

Published

2023-06-24

How to Cite

Astuti, A. P., Suyoto, S., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 938–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825

Issue

Section

Articles