E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5002Abstract
Latar belakang penelitian ini karena adanya keterbatasan dan kurangnya inovasi bahan belajar sehingga mempengaruhi minat belajar siswa menjadi rendah. Hal tersebut berdampak pada kinerja siswa untuk belajar dan menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa juga semakin rendah. Adapun penyisipan wawasan mengenai objek budaya lokal daerah pada bahan belajar juga masih relatif jarang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-modul interaktif bermuatan pengetahuan objek budaya lokal banten dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; 2) mengetahui kelayakan e-modul; 3) mengetahui keefektifan penggunaan e-modul. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE(Analyze, Design, Development, Impelemntation, Evaluation). Data dikumpulkan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Subyek uji coba e-modul adalah kelas VII SMPN 8 Kota Serang. Teknik analisis data meliputi uji validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat validitas materi termasuk dalam kriteria “Cukup Valid” yang didapatkan dari 4 ahli materi dan validitas media yang termasuk dalam kriteria “Sangat Valid” yang diperoleh dari 3 ahli media; 2) Tingkat kepraktisan dari e-modul berdasarkan rata-rata angket respon guru sebesar 85% dan angket siswa sebesar 87%. E-modul yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat praktis; 3) E-modul memenuhi kriteria keefektifan “Cukup Efektif” dengan tingkat peningkatan kemampuan pemecahan masalah “Sedang”.
Keywords:
E-modul Interaktif, Aritmatika Sosial, problem based learningDownloads
References
Br Simamora, M. E., & Cendana, W. (2021). Penggunaan Media Salindia Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 38–42. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda
Cong Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Endah Sary, Y. N. (2017). Perkembangan Kognitif dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6–12.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61.
Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 5, 1809–1815.
Irawati, A. E., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan E-Modul matematika pada materi perbandingan berbasis android. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3148-3159.
Irfani Lindawati, Y., & Rahayu, A. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 2, 1–8. https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/716/173
Irmawati, I., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-modul Matematika SMP Berbasis Teori Polya Pada Materi Segiempat. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(2), 158-171.
Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Sigil: Pengembangan e-modul berbasis realistik pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91-98.
Istiqomah, A., Aristiyo, D. N., & Amalia, S. R. (2021). Pengembangan E-Modul Bermuatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 651–662.
Karimah, S., & Fatih, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning RME Berbantu E-modul untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 2613–9677.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.
Lidia, W. H. P., & Edy Surya. (2020). Penerapan Problem Based Learnung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 1–13.
Meliana, F., Herlina, S., Suripah, S., & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar EModul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME: Suprimum Journal Mathematics Education, 6(1), 43-60.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.
Nurhana, F. R., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4, 6–11.
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran (Diktat). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843.
Sudarma, dkk. (2015). Desain Pesan; Kajian Analitis Desain Visual (Teks dan Image). Graha Ilmu. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 485-498.
Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104–135. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v.3i1.224.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI%20FIX%20EDI.pdf
Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461-466.
Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287-293.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lusi Syah Putri, Yani Setiani, Hadi Firdos Santosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work