Peran Marsiadapari dan Gugur Gunung Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen di Sekolah

Authors

  • Manat Siahaan Universitas Kristen Indonesia
  • Lusia Rahajeng Universitas Kristen Indonesia
  • Djoys Rantung Universitas Kristen Indonesia
  • Noh Ibrahim Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2730

Keywords:

kearifan lokal, teknologi pendidikan, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan kearifan lokalnya, hal ini bisa dilihat dari jumlah suku bangsa dan bahasa yang terdapat di Indonesia. Marsiadapari dan Gugur Gunung merupakan salah satu ciri khas bangsa yang harus dilestarikan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Proses pelestarian kearifan lokal ini sangat efektif dilakukan melalui pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian dalam artikel ini untuk menjelaskan makna tentang Marsiadapari dan Gugur Gunung yang merupakan budaya gotong royong pada suku batak dan suku jawa sebagai landasan bagi desain Teknologi PAK yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan sumber-sumber secara tertulis seperti buku dan artikel ilmiah lainnya. Tentunya semua sumber tersebut merujuk kepada topik terkait kearifan lokal budaya Batak dan budaya Jawa serta teknologi pendidikan dalam konteks PAK. Hasil penulisan artikel ini adalah menguraikan tentang kearifan lokal budaya gotong royong, lalu memberikan jawaban dan penjelasan mengenai kearifan lokal sebagai landasan dalam teknologi PAK. Kearifan lokal dan teknologi informasi diupayakan untuk dapat berkolaborasi dengan baik. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran serta guru dan peserta didik yang saling bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaluddin, A., Ramadan, F., Charty, F. A. N., Salsabila, R., & Firmansyah, Mi. (2021). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1241

Azizah Mutiara, V. (2020). Teknologi Informasi Komunikasi dan Perkembangannya. Teknologi Informasi Komunikasi Dan Perkembangannya, 1(Perkembangan pada TIK), 1.

Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Budaya Lokal Di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2). https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392

Effendi, T. N. (2016). Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1). https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23403

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. 2020.

Hijriadi Askodrina. (2022). Penguatan Kecerdasaan Perspektif Budaya Dan Kearifan Lokal. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1). https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52

Hilir, A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan. In Lakeisha.

Ibrohim, & Wahidin, K. (2022). Kembang Kilaras; Revitalisasi Kearifan Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran Pai. Jurnal Education and Development, 10(1).

Kholis, M. N., & Edwarsyah. (2022). Kearifan Lokal Menuju Sdgs’14: Studi Kasus Lubuk Larangan Tepian Napal Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Albacore Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 4(2). https://doi.org/10.29244/core.4.2.169-182

Krisana, R. (2021). Menelaah Dampak Pelayanan di Media Sosial bagi Kalangan Remaja. Jurnal Antusias, 7(1).

Mahmudi, I. (2017). Islam, Budaya Gotong Royong Dan Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2).

Maksum, M. S. (2015). Tradisi Gugur Gunung Masyarakat Pedesaan (Studi Kasus Lunturnya Tradisi Gugur Gunung di Desa Mundusewu, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang). Jurnal @Trisula LP2M Undar, 1(1).

Maranatha Sitorus, M., & Melkias Boiliu, F. (2021). Kajian Perkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.825

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mawara, J. E. T. (2015). Solidaritas Kekerabatan Suku Bangsa Bantik Di Kelurahan Malalayang I Manado. Jurnal Acta Diurna, 4(2).

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1). https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan Edisi Jurnal (ISSN: 0852-011), Volume 5,.

Nur’aiini, L. F., & Arifin, B. S. (2021). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(2). https://doi.org/10.53754/iscs.v1i2.10

Panggabean, E. C., & Hadiyanto, S. (2021). Pola Pemanfaatan Aplikasi Media Belajar dan Kualitas Interaksi Pembelajaran Online Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14113

Perkasa, A. (2022). Gotong royong and the role of community in Indonesia. In COVID-19 in Southeast Asia: Insights for a post-pandemic world. https://doi.org/10.31389/lsepress.cov.t

Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1). https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1770

Rhenadia, A., Fabian, I. O., Fauzan, M., & Sigit, D. V. (2022). Kearifan Lokal Suku Adat Tugutil, Baduy, Pipitak, dan Anak Dalam dalam Menjaga Hutan. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(2). https://doi.org/10.24815/jbe.v13i2.21646

Riyatmoko, E., & Suyatno, S. (2019). Analisis Pemaknaan Pada Tembang Campursari “Gugur Gunung” Dalam Konteks Gotong Royong. Jurnal Sasindo UNPAM, 7(2). https://doi.org/10.32493/sasindo.v7i2.45-58

Salsabila, U., Utami, S., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1).

Sibarani, R. (2018). Batak Toba society’s local wisdom of mutual cooperation in Toba Lake area: a linguistic anthropology study. International Journal of Human Rights in Healthcare, 11(1). https://doi.org/10.1108/IJHRH-08-2017-0035

Sihombing, E. W., Sinulingga, J., & Siahaan, J. (2021). Tradisi Mangalat Horbo Dalam Upacara Saurmatua Etnik Batak Toba: Kajian Kearifan Lokal. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4). https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30737

Siregar, R. L. (2016). Teori Belajar Perenialisme. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1522

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/Pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-Pembelajaran/.[20 Oktober 2008], (1).

Thabroni, G. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis.

Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan paradigma dan penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519

Umaternate, A. R., Fathimah, S., Hasrin, A., & Sidik, S. (2022). Memahami Kearifan Lokal Masyarakat Minahasa , sebagai Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial Masyarakat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1).

Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Haslan, M. M. (2022). Kearifan Lokal Suku Sumawa yang dapat Diintegrasikan dalam Pembelajaran PPKn SMP. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2). https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6832

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Siahaan, M., Rahajeng, L., Rantung, D., & Ibrahim, N. (2022). Peran Marsiadapari dan Gugur Gunung Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1026–1037. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2730