Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal

Authors

  • Khansa Rofifah Salsabila Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4575

Abstract

Kecanggihan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar. Penggunaan modul digital yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal di SDN Ngepon 1 Tuban. Metode penelitian yang digunakan menerapkan metode campuran (mixed methods) dengan model varian sequential explanatory. Data yang digunakan berupa analisis angket respon siswa dan diperkuat dengan wawancara. Sampel penelitian menggunakan 5 orang siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban dengan uji coba skala terbatas. Hasil angket respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban memperoleh skor sebesar 91% dan dikategorikan sangat positif. Modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban mendapat tanggapan sangat menarik bagi siswa untuk digunakan dalam pembelajaran, memiliki penyajian materi yang sangat jelas dan mudah dipahami, serta dapat memudahkan siswa dalam menulis teks nonfiksi secara mandiri.

Keywords:

teknologi digital, modul digital, kearifan lokal, teks nonfiksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Candrawaty, D. A., Damariswara, R., & Aka, K. A. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7456–7465.

Cresswell, J. W., & Clark, V. L. . (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Dwija, I. W. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Gandhi Putri.

Fajrie, N, Azhari, M. N., & Purbasari, I. (2022). Education Based on A Collaborative Approach with The Pottery Community for Students’ Art Learning. Journal of Elementary, 6(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/41117%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/41117/pdf

Fajrie, Nur, Purbasari, I., & Sholikhan, M. (2022). ISSN 2407-5299 SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial Analisis Pemahaman Dasar Penggunaan Smartphone di Kasus Panti Pelayanan Disabilitas Sensorik Netra SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial , Perkembangan teknologi saat ini merupakan kebutuhan man. 9(2).

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.4903

Midroro, J. N., Prastowo, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa SMA Plus Al - Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 8–14.

Muttaqin, I., Widiaty, I., & Rinekasari, N. R. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self-Determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial Di Smkn 15 Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(1), 47–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/25841

Nazara, A. W., Halang, B., & Rezeki, A. (2022). Respon Siswa Terhadap Modul Elektronik Subkonsep Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Problem Based Learning. JISIP (Jurnal Ilmu …, 6(2), 3804–3811. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2978%0Ahttp://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/download/2978/2389

Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906

Pujiastuti, I., & Lestari, D. (2020). Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama dengan Grafik Fry dan Raygor. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 127–142. https://doi.org/10.26499/gb.v5i2.89.g57

Putra, H. A. (2022). Respon Siswa Terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology Pada Materi Sistem Ekskresi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(1), 36–39. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/14548%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/download/14548/7236

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Dalam Pembelajaran. 3, 123–133.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. PUSAKA.

Sarkonah, Rohmayati, M., Damayanti, D., Rinata, N., & Nurlia, I. (2021). Buku Siswa Tematik Terpadu Tema 5 Ekosistem. CV Arya Duta.

Shufi, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 4–53.

Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3), 358–367. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702

Downloads

Abstract Views : 547
Downloads Count: 449

Published

2023-03-30

How to Cite

Salsabila, K. R., Fajrie, N., & Ermawati, D. (2023). Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 372–378. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4575

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.