Pengembangan Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Usia Dini Se-Desa Tegalsawah Karawang di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.4540Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Perkembangan Pembelajaran agama Islam pada PAUD Se-Desa Tegalsawah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kulitatif. Subjek penelitiannya PAUD Se-Desa Tegalsawah. Teknik pengmpulan datanya melalui observasi, wawancara dan doumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu reduksi data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran Agama Islam di PAUD se- Desaa Tegal Sawah sudah optimal dengan berusaha membuat program pembelajaran yang berorientasi pada karakter anak yang tinggal di pedesaan. Pemerintah Desa Tegalsawah sudah berperan dalam perekembangan pendidikan PAUD dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa berupa sarana bermain dan membangun satu ruang kelas, walaupun belum maksimal. Keberhasilan pada lembaga PAUD ada dua yaitu secara akademik dan karakter, secara akademik banyak anak lulusan PAUD mendapatkan prestasi di tingkat sekolah dasar, dan secara karakter, siswa PAUD memiliki Mental yang kuat,tidak pemalu, lebih kreatif, tahu etika, lebih ceria, sopan santun ,jujur,rajin membaca do’a sehari-hari sabar dan taat pada orangtua dan Guru. Sehingga perilaku yang kurang baik dapat berubah menjadi prilaku yang lebih baik.
Keywords:
Pengembangan Pembelajaran, Agama Islam, PAUDDownloads
References
Afrizal, MA., Metode Penelitian Kualitatif Dalam Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam berbagai Disiplin Ilmu, Cetk. 3, Februari 2013.
Djamarat dan Syaeful Bahri, Strategi belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2002, hlm. 48
Dedi Supriadi, Satuan Biaya Pendidkan dasar dan menengah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003.
Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2006.
Erliana Sudjana, Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan
Fathurrahman Pupuh Sutikno dan M. Sobri, Strategi.
IN Brata, Teknologi Desa ¸jakarta, Ghalia Indonesia, 1984.
Joko Subagio, Metode Penelitian Dalam teori dan Praktek, Jakarta Rineka Cipta, 2004.
Kuntjara Ningrat, Pengantar Antroplogi Pokok-pokok Etnografi II, Rineka Cipta, 2005.
Muniroh Munawar , Pengembangan Perilaku Dalam Pembelajaran Anak Taman Kanak-kanak, Tesis Magister PAUD, UNJ 2009, hlm. xi
Muhammad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran teori dan Praktik Tingkat Pendidikan dasar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, juni 2015, hlm. 27
Masitoh Dkk, Strategi Pembelajaran TK, jakarta, Pusat Peberbitan Universitas Terbuka, 2005.
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Olga Pandeitot, Hubungan Antara Sikap Orang Tua Terhadap Pendidikan Taman kanak-kanak dan Pemahaman terhadap Perkembangan Anak dengan Kuaitas Bimbingan Belajar Orang tua, Survey pada Orang tua murid Taman Kanak-kanak, ST Fransiskus, Jakarta Timur, 2003, Tesis Magister PAUD, Jakarta, UNJ, 2004, hlm. Viii
Rahardjo, Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian , Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, 1999.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Fudholi, Haerudin, Siti Masruroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work