Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Good Governance di Sekolah

Authors

  • Abdullah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Syamsul Aimmah Burhanuddin Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4538

Abstract

Pelayanan pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta manajemen pelayanan pendidikan yang berkualitas baik perlu dilakukan dengan terencana dan direalisasikan, namun pada kenyataannya tidak semua lembaa bisa meningkatkan kualitas lembaganya dikarenakan beberpa hal. Salah stu diantaranya adalah karena kurannya kepuasan masyrakat terhadap pelayanan yang lembaa pendidikan berikan dan kurangnya keharmonisan antara kepala sekolah beserta seluruh guru. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui “Strategi Kepala Sekolah dalam menciptakan Good governance di SMP Bhakti Pertiwi”. Dengan  metodelogi  kualitatif jenis study kasus terhadap 191 siswa. tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang cukup dan jelas sesuai dengan permasalahan penelitian di SMP Bhakti Pertiwi.   Berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka menciptakan Good Governance di SMP Bhakti Pertiwi dengan cara mengikuti langkah-langkah prinsip penerapan Good Governance yaitu menerapkan prinsip profesionalisme, transparasi, demokrasi, akuntabilitas, efesiensi, pelayanan prinsip prima dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat. kepala sekolah sebagai pimpinan yang memiliki peran dan fungsi tertentu dalam mempengaruhi dan memotivasi masyarakat sekolah sangat mudah untuk menciptakan Good governance melalui beberapa strategi yang dapat dilakukan.

Keywords:

Starategi, kepala sekolah, Good Governance

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, S. (2012). Ilmu Admisistrasi Negara (kajian konsep, teori dan fakta dalam upaya menciptakan Good Governance ). Pustaka Setia.

Dasor, Y. W. (2018a). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah, 10(10), 172–183.

Dasor, Y. W. (2018b). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. 10.

Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam.

Jaya, W. S. (2021). Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1738

John W. Creswell. (2017). Research Desigh Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. pustaka pelajar.

Mahardhani, A. J. (2022). Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 5(2), 137–155. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i2.3522

Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

P Nuryanti. (2014). Akuntabilitas Dan Good Corporate Governance Pada Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Puji Nuryati Magister Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret Surakarta. 10, 1–12.

Palupi, E., Lian, B., & Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. 7.

Pratiwi, N. M., & Manafe, L. A. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Dalam Memotivasi Kinerja Karyawan. 8.

Rifa’i, M., & Hakim, M. (2023). Strategi Kerjasama Dalam Memberikan Layanan Lapangan Kerja Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

Rostiawati, E. (2020). Efektifitas Manajemen Kepemimpinan Dalam Menciptakan Good GovernancE. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.965

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Sahir, M. (2022). Analisis Sistem Akuntansi Keuangan Sektor Publik Dalam Mencapai Good Governance Pada Pemerintah Daerah Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sibaweh, I. (2022). Kepemimpinan ketua Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-BIRUNI Cirebon 2017-2022 Dalam Memotivasi Pegawai Administrasi Untuk Membangun Good Governance. 1(1), 1–10.

Taufan, J., Maria, R., & Gistituati, N. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif, 3(4), 1337–1343.

Toni, A. A. S. M. (2020). Pengaruh perilaku inovatif, terhadap kinerja kepala sekolah dasar di kabupaten labuhanbatu 1). Pengaruh Perilaku Inovatif, Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Labuhanbatu, 8(3), 26–32.

Ulfa, A., & Fitria, H. (2021). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 5.

Ulum, B., Pramitasari, D. A., Hasanah, A., & Rahman, M. H. (2021). Analisis Penerapan Good Governance Dilihat Dalam Perspektif Permendikbud Nomor 6 Tahun 202.

Yuliani, I. (2021). Evaluasi Penerapan Peraturan Kepala Arsip Nasional Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip Di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2019. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(1), 132–139. https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i1.1617

Downloads

Abstract Views : 592
Downloads Count: 387

Published

2023-04-03

How to Cite

Abdullah, A., & Burhanuddin, S. A. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Good Governance di Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 413–418. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4538

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.