Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Syipa Rodiatul Zannah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka
  • Zulfadewina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3044

Abstract

Hasil observasi di SDN Mekarjaya 01 terdapat penurunan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mencaritahu faktor penyebab dan alasan menurunnya hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mekarjaya 01. Subjek penelitian kelas IV tahun ajaran 2021/2022 dan populasi sebanyak 24 siswa dengan 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara orang tua, dan wawancara guru. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data dan penyajian data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan temuan yang didapat terdapat faktor tertinggi penyebab menurunnya hasil belajar IPA siswa yaitu, faktor dari siswa itu sendiri berupa kesulitan dalam pembelajaran IPA 58.33%, kesulitan konsentrasi saat di sekolah 45.83%, kesulitan memahami materi yang disampaikan guru 37.50%, dan sering menunda tugas 37.50%, faktor luar yang bersangkutan mendapatkan ejekan di sekolah 25.00%, dan orang tua mengerjakan tugas selama virtual 25.00%. Alasan menurunnya hasil belajar IPA siswa yaitu, malas pergi ke sekolah selama PTMT, tidak memiliki gaya belajar sendiri, dan mengerjakan tugas harus disuruh orang tua atau keluarga.

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran ipa, penurunan hasil belajar, pasca pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155

Andirana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA Di SD Pada Masa Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 409–213.

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Dewi, N. J. P., & Ramadhan, Z. H. (2022). Persepsi Guru Dan Orang Tua Siswa Kelas II Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid-19 SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 275–283.

Faudhil, U. (2021). Evaluasi PTM, Nilai Siswa Anjlok. Www.Joglojateng.Com. https://joglojateng.com/2021/12/21/evaluasi-ptm-nilai-siswa-anjlok/

Febrian, A. (2021). Guru Harus Mendampingi Para Siswa Beradaptasi Pada Pembelajaran Tatap Muka. Www.Nasional.Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/guru-harus-mendampingi-para-siswa-beradaptasi-pada-pembelajaran-tatap-muka

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Hasan, M., Harahap, T. K., Inanna, Khasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, A. A., Susanti, Hasyim, S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., Fakhrurrazi, Arisah, N., Zaki, A., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan (ke-1). Tahta Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=X5RCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan+merupakan&ots=7kTh3uNHIO&sig=DJOhudoC3OBAxzyNf_jmCz_7P-Y&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan merupakan&f=false

Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1(1), 1–6.

Ita, N., Anita, I., Hermawan, L., & Junaedi, D. (2020). Pemberdayaan Sekolah Merdeka Melalui Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam Upaya Sekolah Bebas Covid-19. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 183–190. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i2.1683

Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.

Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang, 445–452.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275

Prasanda, A. (2022). Tips Mengatasi Dampak Kembali PTM Pada Mental Anak. Www.Klikdoter.Com. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3655433/tips-mengatasi-dampak-kembali-ptm-pada-mental-anak

Pusparini, G. A. ., Pamujo, P., & Wijayanti, O. . (2022). The Role of Parents in Guiding Children’s Learning Activities at Home. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.30

Putra, I. P. (2021). Cara Memulihkan Semangat Belajar Anak Saat PTM Terbatas. Www.Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/Wb74o8Wk-cara-memulihkan-semangat-belajar-anak-saat-ptm-terbatas

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA (ke-1). PT Bumi Aksara.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714

Downloads

Abstract Views : 2860
Downloads Count: 1098

Published

2022-09-18

How to Cite

Zannah, S. R., & Zulfadewina, Z. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 981–991. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3044