Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Good Governance di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4538Abstract
Pelayanan pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta manajemen pelayanan pendidikan yang berkualitas baik perlu dilakukan dengan terencana dan direalisasikan, namun pada kenyataannya tidak semua lembaa bisa meningkatkan kualitas lembaganya dikarenakan beberpa hal. Salah stu diantaranya adalah karena kurannya kepuasan masyrakat terhadap pelayanan yang lembaa pendidikan berikan dan kurangnya keharmonisan antara kepala sekolah beserta seluruh guru. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui “Strategi Kepala Sekolah dalam menciptakan Good governance di SMP Bhakti Pertiwi”. Dengan metodelogi kualitatif jenis study kasus terhadap 191 siswa. tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang cukup dan jelas sesuai dengan permasalahan penelitian di SMP Bhakti Pertiwi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka menciptakan Good Governance di SMP Bhakti Pertiwi dengan cara mengikuti langkah-langkah prinsip penerapan Good Governance yaitu menerapkan prinsip profesionalisme, transparasi, demokrasi, akuntabilitas, efesiensi, pelayanan prinsip prima dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat. kepala sekolah sebagai pimpinan yang memiliki peran dan fungsi tertentu dalam mempengaruhi dan memotivasi masyarakat sekolah sangat mudah untuk menciptakan Good governance melalui beberapa strategi yang dapat dilakukan.
Keywords:
Starategi, kepala sekolah, Good GovernanceDownloads
References
Anggara, S. (2012). Ilmu Admisistrasi Negara (kajian konsep, teori dan fakta dalam upaya menciptakan Good Governance ). Pustaka Setia.
Dasor, Y. W. (2018a). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah, 10(10), 172–183.
Dasor, Y. W. (2018b). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. 10.
Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam.
Jaya, W. S. (2021). Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1738
John W. Creswell. (2017). Research Desigh Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. pustaka pelajar.
Mahardhani, A. J. (2022). Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 5(2), 137–155. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i2.3522
Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
P Nuryanti. (2014). Akuntabilitas Dan Good Corporate Governance Pada Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Puji Nuryati Magister Akuntansi FEB Universitas Sebelas Maret Surakarta. 10, 1–12.
Palupi, E., Lian, B., & Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. 7.
Pratiwi, N. M., & Manafe, L. A. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Dalam Memotivasi Kinerja Karyawan. 8.
Rifa’i, M., & Hakim, M. (2023). Strategi Kerjasama Dalam Memberikan Layanan Lapangan Kerja Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.
Rostiawati, E. (2020). Efektifitas Manajemen Kepemimpinan Dalam Menciptakan Good GovernancE. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.965
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Sahir, M. (2022). Analisis Sistem Akuntansi Keuangan Sektor Publik Dalam Mencapai Good Governance Pada Pemerintah Daerah Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sibaweh, I. (2022). Kepemimpinan ketua Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-BIRUNI Cirebon 2017-2022 Dalam Memotivasi Pegawai Administrasi Untuk Membangun Good Governance. 1(1), 1–10.
Taufan, J., Maria, R., & Gistituati, N. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif, 3(4), 1337–1343.
Toni, A. A. S. M. (2020). Pengaruh perilaku inovatif, terhadap kinerja kepala sekolah dasar di kabupaten labuhanbatu 1). Pengaruh Perilaku Inovatif, Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Labuhanbatu, 8(3), 26–32.
Ulfa, A., & Fitria, H. (2021). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 5.
Ulum, B., Pramitasari, D. A., Hasanah, A., & Rahman, M. H. (2021). Analisis Penerapan Good Governance Dilihat Dalam Perspektif Permendikbud Nomor 6 Tahun 202.
Yuliani, I. (2021). Evaluasi Penerapan Peraturan Kepala Arsip Nasional Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip Di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2019. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(1), 132–139. https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i1.1617
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdullah, Syamsul Aimmah Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work