Konseling Kelompok Melalui Teknik Behavior Untuk Meningkatkan Kedisiplinan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3899Abstract
Masalah yang berkembang dalam dunia pendidikan saat ini adalah masalah etika, yaitu kurangnya disiplin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok behavioral terhadap peningkatan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Nurul Maad Putri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pre-experimental dan desain pretest posttest one group design. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Maad Putri dengan santri putri sebanyak 9 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan santriwati yang ditandai dengan perubahan dari sikap saat mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok, diantaranya lakukan hadir tepat waktu, antusias mengikuti kegiatan, serta adanya kesadaran diri untuk mengubah suatu prilaku menjadi lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Nurul Maad Putri.
Keywords:
konseling kelompok, kedisiplinanDownloads
References
Berk. (1993). Infants, Children, and Adolescents. Massachuses: Allyn & Bacon.
Corey G. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, seventh edition. California State University, Fullerton Diplomate in Counseling Psychology, American Board of Professional Psycholog: Brooks/Cole.
Elvina, S. N. (2019). Teknik self management dalam pengelolan strategi waktu kehidupan pribadi yang efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(2), 123-138.
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.
Glasser, W. (1989). Control Theory in the Practice of Reality Therapy. New York:Harper & Row.
Gilliom, M., Shaw, D. S., Beck, J. E., Schonberg, M. A., & Lukon, J. L. (2002). Anger regulation in disadvantaged preschool boys: strategies, antecedents, and the development of self-control. Developmental psychology, 38(2), 222.
Kendall, P. C. (1993). Cognitive-behavioral therapies with youth: guiding theory, current status, and emerging developments. Journal of Consulting and clinical psychology, 61(2), 235.
Luddin, A. B. M. (2010). Dasar Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Muslich, A. W. (2005). Hukum Pidana Islam. Jakarta: Sinar Grafika.
Prabowo, A. S., & Cahyawulan, W. (2016). Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 15-19.
Prayitno. (2008). Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Rachlin, H. (1995). Self Control: Beyond Commitment Behavioral and Brain Scieces Psychology. Departement SUNY at story Brook N.Y. 11794-2500. Hrachlin@Psych.Ipsy.SUNYSB.Edu.
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57.
Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32.
Suryani, S., & Khairani, K. (2016). Pendapat Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok. Konselor, 2(4), 180-185.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Asifa Novia Fahmi, Jarkawi, Eka Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work