Pemahaman Hak dan Kewajiban Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4822Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman hak dan kewajiban untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas III di SDN Pandeanlamper kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analisis materi hak dan kewajiban terhadap kedisiplinan siswa kelas III. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Dengan sampel berjumlah 28 siswa kelas III. Penelitian dilakukan dalam waktu 2 hari dan dilakukan sebelum dan sesudah pemberian materi hak dan kewajiban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kedisiplinan siswa kelas III SDN Pandeanlamper 03, setelah diberikan materi hak dan kewajiban. Dari data yang diperoleh, terdapat kenaikan persentase kedisiplinan siswa dari 75% menjadi 96,43%. Hal ini menunjukkan bahwa analisis materi hak dan kewajiban memiliki pengaruh positif dalam membentuk kedisiplinan siswa tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengajaran materi hak dan kewajiban memiliki peran penting dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas III SDN Pandeanlamper 03. Oleh karena itu, guru sebaiknya terus memperhatikan dan meningkatkan cara penyampaian materi hak dan kewajiban agar dapat lebih efektif dalam membentuk kedisiplinan siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa analisis materi hak dan kewajiban dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas III di sekolah dasar.
Keywords:
hak dan kewajiban, kedisiplinanDownloads
References
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan karakter dan nilai kedisiplinan peserta didik di sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 85-91.
Hamid, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Analisis nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 1-16.
Khufi, I. A., Jamil, N. A., Astiza, S. R., Kalsum, S. N. U., Idayanti, W., Kurniawan, W., & Suryadi, W. (2020). Mimplementasi Hak Peserta Didik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Sdn Batuan IK. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 65-71.
Lestari, F. N., & Ulum, M. W. (2020). Analisis bentuk kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas IV SDN i Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318-329.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Moonggalo, T. R. A., Suleman, V. F., Moha, R., & Wahyuni, E. (2022). The Development of Independent Character Values in Dahlia Kindergarten, Telaga District. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 122-127.
Pratiwi, Y., Hakim, L., & Surmilasari, N. (2023). Keberagaman Hak dan Kewajiban Siswa dalam Membentuk Karakter. Journal on Education, 5(3), 7304-7318.
Rahmawati, N. (2020). Peningkatan pemahaman konsep hak dan kewajiban menggunakan model make a match pada siswa kelas IV sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 52-57.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 173-186.
Vavi, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kedisiplinan Siswa Sd Negeri Klumprit 04 Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Uin Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Wahyudi. (2016). Penerapan Hak dan Kewajiban Siswa dalam Menjaga Kedisiplinan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7), 1-11.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Azim Utomo, Fine Reffiane, Aryo Andri Nugroho, Maryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work