Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2573Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa SMK dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah materi program linier. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas X TJKT 2 di SMKN 2 Pandeglang yang telah memperoleh materi program linier. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT, tes kemampuan metakognitif, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognitif siswa dengan gaya kognitif field dependent dikelompokkan menjadi 2, yaitu siswa bermetakognisi pada level strategic use yang mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan siswa bermetakognisi pada level aware use yang belum mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah
Keywords:
kemampuan metakognitif, field dependent, masalah program linierDownloads
References
Al-khayat, M. M. (2012). The Levels of Creative Thinking and Metacognitive Thinking Skills of Intermediate School in Jordan : Survey Study. Canadian Social Science, 8(4), 52–61.
Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education, 3(1), 23–33.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Flavell, J. H. (1987). Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. American Psychologis: Stanford University.
Hosseinilai, F., & Kasaei, M. A. (2013). The Effect of Using Cognitive and Meta Cognitive Strategy on Creativity Level Academic Achievement of High School Students. International Research Journal of Applied and Basic Sciences, 7(2), 114–123.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1),148-161.
Mahromah, L. A, & Manoy, J. T. (2013). Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. MATHEdunesa, 2(1), 1-8.
Munandar, H. (2010). Hubungan Kesadaran Metakognitif dan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri Se- Kota Parepare. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 128–136.
Priyo, D. B. (2010). Peningkatan Kreativitas dan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, P., & Azizah, U. (2012). Students’ Metacognition Level through of Implementation of Problem Based Learning with Metacognitive Strategies at SMAN 1 Manyar. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 164–173.
Ratumanan, T. G. (2003). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10.
Sophianingtyas, F., & Sugiarto, B. (2013). Identifikasi Level Metakognitif dalam Memecahkan Masalah Materi Perhitungan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 21–27.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardjono. (2008). Hakikat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Swartz, R & Chang, A. (1998). Intructional Strategies for Thinking Classroom. Singapura: National Institute Of Education.
Wardawaty, Arsyad, N., & Alimuddin. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. (http://eprints.unm.ac.id/10522/1/ARTIKEL.pdf) diakses pada 29 Oktober 2021.
Witkin, H. A., Moore, C,A., Goodenough, D. R., & C. P. W. (1977). Field-dependent and field-independet cognitive styles and their educationa implications. Review of Educational Research, 4(1), 1–64.
Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7(2),132-147.
Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Pedagogy. 2(2), 11–29.
Zakiah, N. E. (2017b). Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana Pengembangannya?. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 24–25.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syamsuri, Mia Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work