Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa SMK dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah materi program linier. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas X TJKT 2 di SMKN 2 Pandeglang yang telah memperoleh materi program linier. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT, tes kemampuan metakognitif, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognitif siswa dengan gaya kognitif field dependent dikelompokkan menjadi 2, yaitu siswa bermetakognisi pada level strategic use yang mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan siswa bermetakognisi pada level aware use yang belum mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah

Keywords:

kemampuan metakognitif, field dependent, masalah program linier

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-khayat, M. M. (2012). The Levels of Creative Thinking and Metacognitive Thinking Skills of Intermediate School in Jordan : Survey Study. Canadian Social Science, 8(4), 52–61.

Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education, 3(1), 23–33.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Flavell, J. H. (1987). Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. American Psychologis: Stanford University.

Hosseinilai, F., & Kasaei, M. A. (2013). The Effect of Using Cognitive and Meta Cognitive Strategy on Creativity Level Academic Achievement of High School Students. International Research Journal of Applied and Basic Sciences, 7(2), 114–123.

Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1),148-161.

Mahromah, L. A, & Manoy, J. T. (2013). Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. MATHEdunesa, 2(1), 1-8.

Munandar, H. (2010). Hubungan Kesadaran Metakognitif dan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri Se- Kota Parepare. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 128–136.

Priyo, D. B. (2010). Peningkatan Kreativitas dan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, P., & Azizah, U. (2012). Students’ Metacognition Level through of Implementation of Problem Based Learning with Metacognitive Strategies at SMAN 1 Manyar. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 164–173.

Ratumanan, T. G. (2003). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10.

Sophianingtyas, F., & Sugiarto, B. (2013). Identifikasi Level Metakognitif dalam Memecahkan Masalah Materi Perhitungan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 21–27.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjono. (2008). Hakikat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Swartz, R & Chang, A. (1998). Intructional Strategies for Thinking Classroom. Singapura: National Institute Of Education.

Wardawaty, Arsyad, N., & Alimuddin. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. (http://eprints.unm.ac.id/10522/1/ARTIKEL.pdf) diakses pada 29 Oktober 2021.

Witkin, H. A., Moore, C,A., Goodenough, D. R., & C. P. W. (1977). Field-dependent and field-independet cognitive styles and their educationa implications. Review of Educational Research, 4(1), 1–64.

Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7(2),132-147.

Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Pedagogy. 2(2), 11–29.

Zakiah, N. E. (2017b). Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana Pengembangannya?. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 24–25.

Downloads

Abstract Views : 376
Downloads Count: 312

Published

2022-07-31

How to Cite

Syamsuri, & Mia Aprilia. (2022). Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 863–872. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2573

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.