Aspek Sosial dan Nilai Moral Dalam Novel Sakura Dalam Pelukan Karya Auni Fa

Authors

  • Anggun Saymona Univeristas PGRI Palembang
  • Missriani Missriani Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2227

Keywords:

aspek sosial, nilai moral, novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aspek-aspek dan nilai-nilai moral dalam novel Sakura Dalam Pelukan karya Auni Fa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif. Data penelitian diambil dari novel Sakura Dalam Pelukan karya Auni Fa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 aspek sosial yaitu aspek budaya 9 kutipan, lingkungan sosial 8 kutipan dan ekomoni 2 kutipan yang terdapat dalam novel Sakura Dalam Pelukan karya Auni Fa. Nilai moral dalam novel ini terbagi menjadi 3 yaitu nilai moral yang berhubungan dengan Tuhan 4 kutipan, nilai moral yang berhubungan dengan diri sendiri 34 kutipan dan nilai moral yang berhubungan dengan sesama 17 kutipan dalam novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fa, A. (2019). Sakura dalam Pelukan. Yogyakarta: Sheila Publisher.

Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hartanto, H., & Suprayitno, E. (2021). Aspek Sosial Dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).

Hatimah, K., Priyadi, T., & Wartiningsih, A. (2019). Nilai Moral dalam Novel Menari di Atas Awan Karya Maria A. Sardjono; Tinjauan Sosiologi Sastra. KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(9), 1-12.

Purba, A. (2012). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purba, J. (2011). Pengelolhan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Putranti, V. M. (2021). Aspek Sosial dalam Novel Maria dan Mariam Karya Farahdiba: Tinjauan Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Putri, R. U. (2021). Nilai-Nilai Moral, Pendidikan, dan Sosial dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tesis. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, E. K. (2021). Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye dan Novel Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa Karya Alvi Syahrin: Tesis. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Satinem. (2019). Apresiasi Prosa Fiksi: Teori, Metode dan Penerapannya. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sehandi, Y. (2014). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).

Semi, M. A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Setianingsih, D., & Hasyim, N. (2016). Aspek Sosial Dalam Novel Orang-Orang Pulau Karya Giyan: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Soelaeman, M. (2017). Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Vikria, E. (2020). Aspek-Aspek Sosial dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tesis. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Yasa, I. Y. (2012). Teori Sastra dan Penerapannya. Jawa Barat: CV. Karya Putra Darwati.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Saymona, A., Missriani, M., & Fitriani, Y. . (2022). Aspek Sosial dan Nilai Moral Dalam Novel Sakura Dalam Pelukan Karya Auni Fa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 709–715. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2227

Issue

Section

Articles