Transfer Pengetahuan Pada Industri Kreatif di The Hallway Space Pasar Kosambi

Authors

  • Annisa Azzahra Nur'afifah Padjadjaran University
  • Rully Khairul Anwar
  • Ute Lies Siti Khadijah

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses transfer pengetahuan pada industri kreatif di The Hallway Space Pasar Kosambi agar dapat memberikan kontribusi yag signifikan terhadap perkembangan edukasi untuk membangun sebuah industri kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneliyian menunjukkan bahwa trasnfer pengetahuan pada industri kreatif di The Hallway Space melalui proses secara sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi. Pada sosialisasi, dilakukan komunikasi secara langsung antara pencetus The Hallway Space (Rilly Robbi Gusadi) dengan penggiat industri kreatif Wear Bob (Faizal Budiman). Komunikasi tersebut menggunakan model komunikasi David. K. Berlo dengan unsur komunikasi, yaitu sumber, pesan, saluran, dan penerima. Pada proses eksternalisasi, berlangsung secara bertahap dari adanya proses sosialisasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya realisasi ide yang didapatkan dari hasil sosialisasi, yaitu membuat sampel industri kreatif yang akan dikembangkan. Pada kombinasi, menghasilkan berdirinya bangunan sampel industri kreatif yang dilakukan menggunakan 3 tahap pembangunan. Pada proses internalisasi, konsep atau ide awal dikembangkan menjadi inovasi-inovasi baru. Dengan demikian, proses transfer pengetahuan sendiri adalah proses berulang dari sosialisasi (tacit – tacit), eksternalisasi (tacit – eksplisit), kombinasi (eksplisit – eksplisit), hingga internalisasi (eksplisit – tacit) dan akan terus berulang ke sosialisasi kembali.

Keywords:

Transfer Pengetahuan, Komunikasi, Industri Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, R. (2020). Transfer pengetahuan hukum adat melayu sebagai upaya mencegah pembakaran hutan: Studi etnografi komunikasi mengenai transfer pengetahuan hukum adat melayu sebagai upaya mencegah pembakaran hutan di Hulu Gunung Kapuas Hulu. Repositori Unpad.

Ajeng, A. (2023). Pemendag 31/2023: Untung atau buntung bagi pedagang tradisional? Redaksi Kumparan, Diakses secara online pada 11 November 2023 melalui https://kumparan.com/anisahajeng34/permendag-31-2023-untung-atau-buntung-bagi-pedagang-tradisional-21T2WiROz7N/4.

Arifianti, R., & Alexandri, M. B. (2017). Action of creative sub-economic sector in Bandung City. Jurnal AdBispreneur, 2 (3), 201-209.

Barat, P. P. (2023. Diakses secara online pada 20 Desember 2023 melalui https://jabarprov.go.id/berita/pasar-kreatif-jabar-di-cikutra-diresmikan-jumat-9592). Pasar kreatif Jabar di Cikutra. Portal Provinsi Jawa Barat.

Brata, I. B. (2017). Pasar tradisional di tengah arus budaya global. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Diakses secara online pada 12 November 2023 melalui https://media.neliti.com/media/publications/102449-ID-pasar-tradisional-di-tengah-arus-budaya.pdf.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design. Singapore: Sage Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry research design: Choosing among five approach. United States: SAGE Publications Ltd.

Dewandaru, B., Rahmadi, A. N., & Sudjiono. (2021). Improving small and medium business innovation knowledge transfer through triple helix agents. Balance: Jurnal Ekonomi, 17 (2), 196-204.

Hartanti, W. (2017). Pasar seni dan industri kreatif di Kota Bandung. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1-8.

Herlina, E., Syarifudin, D., & Mulyatini, N. (2018). Knowledge transfer dalam konteks spatial creative economy untuk mengurangi kemiskinan perdesaan di Kabupaten Ciamis. Ekologi: Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, 5 (1), 273-282.

Iskandar, Z. F. (2023). Pelestarian nilai warisan budaya takbenda melalui transfer pengetahuan: Studi kasus Tradisi Surasa sebagai transfer pengetahuan tradisional Rasi Singkong di Kampung Adat Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat. Repositori Unpad.

Kent, P., Siemsen, E., & Shao, X. (2022). The impact of co-location on production knowledge transfer in collectivist and individualist cultures. International Journal of Operation & Production Management: Emerald Publishing Limited, Diakses secara online pada 9 November 2023 melalui 10.1108/IJOPM-06-2022-0354.

Kusumawijaya, I. K., & Astuti, P. D. (2013). Knowledge sharing dalam organisasi berbasis ilmu pengetahuan. Universitas Wardewa Bali.

Lhuthfi, I., & Triantoro, A. (2022). Blue Ocean Strategy: Business transformation on traditional market revitalisation (Case study at Kosambi Traditional Market ; The Hallway Space). Journal of Business Management Education, 7 (1), 46-51. Diakses secara online pada 26 Oktober 2023 melalui https://www.researchgate.net/publication/366000081.

Mayasari, Y., & Chandra, T. (2020). Social capital for knowledge management system of the creative industry. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy: Emerald Insight.

Musdalifah, R. (2019). Pemrosesan dan penyimpanan informasi pada otak anak dalam belajar: Short term and long term memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (2), 217-235.

Putra, I. K., & Yasa, I. W. (2017). Efektivitas dan dampak revitalisasi pasar tradisional terhadap jumlah kunjungan, pendapatan pedangan dan pendapatan pasar di Kabupaten Denpasar. Jurnal EP UNUD, 6 (9), 1739-1761.

Rambing, N. Y. (2013). Syarat-syarat sahnya pendirian Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia. Lex Privatum, 1 (2), 72-78.

Ren, X., Xu, J., Hao, Y., & Wang, S. (2022). The effectiveness of relationship quality on knowledge transfer in project teams: The roles of project organizational structure. Kybernetes: Emerald Publishing Limited, Diakses secara online pada 9 November 2023 melalui 10.1108/K-10-2022-1394.

Sagala, T. W., Manapa, E. A., Ardhana, V. Y., & Lewakabessy, G. (2020). Perbandingan implementasi manajemen pengetahuan pada berbagai industri. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 1 (4), 327-335.

Silvana, T. (2023). Knowledge management. Universitas Padjadjaran.

Suhaeni, H. (2011). Sistem spasial berbasis budaya menghasilkan ruang produktif untuk industri kreatif. Jurnal Pemukiman, 6 (1), 53-59.

Supriyati, & Yulianto, H. D. (2016). Model tata kelola aplikasi pasar tradisional menjadi psar kreatif dan inovatif di Kota Bandung. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14 (2), 195-212.

Thomas, N. (2019). Two aspects of knowledge transfer: What every manager should know about using analogy and narrative. Development and Learning in Organizations, 33 (1): Emerald Publishing Limited, 12-15. Diakses secara online pada 9 November 2023 melalui 10.1108/DLO-04-2018-0046.

Uddin, S. (2022). Industri kreatif. Research Gate, Diakses secara online pada 30 April 2024 melalui https://www.researchgate.net/publication/358901068_INDUSTRI_KREATIF.

Yang, M., Luu, T. T., & Wang, D. (2023). The effect of internal knowledge transfer on the relationship between personality traits and employee service performance: A multilevel model. Journal of Knowledge Management: Emerald Publishing Limited, Diakses secara online pada 9 November 2023 melalui 10.1108/JKM-10-2022-0827.

Yuli, D. (2020). Transfer pengetahuan lokal motif batik Indramayu. Repositori Unpad.

Zamborský, P., Ingrst, I., & Bhandari, K. R. (2023). Knowledge creation capability under different innovation-investment motives abroad: The knowledge-based view of international innovation management . Elsevier: Technovation (127), https://doi.org/10.1016/j.technovation.2023.102829.

Downloads

Abstract Views : 129
Downloads Count: 44

Published

2024-12-31

How to Cite

Nur’afifah, A. A., Anwar, R. K., & Khadijah, U. L. S. (2024). Transfer Pengetahuan Pada Industri Kreatif di The Hallway Space Pasar Kosambi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10189

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.