Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP serta mengetahui kesalahan siswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan data yaitu dengan menilai jawaban siswa berdasarkan soal indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya sebanyak 2 soal uraian yang merupakan instrumen tes. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa SMP kelas VII. Kemudian diambil enam orang siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek utama untuk dianalisis. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2021. Materi yang diujikan adalah materi himpunan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong rendah, masih terdapat kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah, diantaranya: tidak menuliskan apa yang diketahui, ditanyakan, dan tidak menuliskan unsur-unsurnya, tidak memahami permasalahan soal, kekeliruan dalam mendeskripsikan unsur-unsurnya, serta pelaksanaan rencana penyelesaian yang tidak tepat.
Keywords:
Kemampuan Siswa, Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan, Model Polya, HimpunanDownloads
References
Apryanti, H., Ismail, F., & Fitrianti, Y. (2015). Penerapan Teknik Pemecahan Masalah Model Polya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 46 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA , 224-243.
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 435-446.
Buranda, M. S., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. JPMI-Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif , 33-40.
Harahap, E. R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica , 44-54.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama .
Hidyatullah, & Wati, U. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Himpunan Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Tambusai , 4154-4158.
Kamilah, M., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematis Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Sesiomadika , 664-672.
Kushendri, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Journal on Education , 94-100.
Lestanti, M. M., Isnarto, & Supriyono. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education , 16-23.
Murni, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills. Universitas Pendidikan Indonesia .
Putra, H. D., Putri, A., Lathifah, A. N., & Mustika, C. Z. (2018). Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data Pada Masalah SPLDV dan Self-Efficacy Siswa MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) , 48-61.
Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi , 91-97.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tomo, Yusmin, E., & Riyanti, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa , 1-11.
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika , 67-76.
Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana , 9-16.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika , 137-144.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work