MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

  • Uus Susnariah SDN Cigintung
Keywords: hasil belajar, matematika, pembelajaran matematika realistik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VI A melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SDN Cigintung Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN Cigintung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan tahun pelajaran  2019/2020 yang berjumlah 25 siswa. Peningkatan sikap siswa tersebut sejalan dengan peningkatan hasil tes yang diperoleh. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan 26,67% yaitu dari siklus I sebesar 53,33% (12 siswa) menjadi 80% (20 siswa) pada siklus II. Pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai ≥ 75% sehingga siklus ini dihentikan. Berdasarkan hasil observasi sikap siswa siklus I, dilihat dari beberapa aspek sikap siswa yang terdiri dari: 1) siswa telah berusaha mengerjakan permasalahan matematika dengan cara sendiri; 2) siswa berusaha menyelesaikan permasalahan matematika sesuai langkah-langkah yang telah dipelajari; 3) siswa berusaha untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti dalam pembelajaran matematika dan 4) siswa berusaha mengaitkan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari diperoleh hasil rata-rata sikap siswa pada mata pelajaran matematika mencapai 58,33% (dari 25 siswa) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 77,5% (dari 25 siswa). Berdasarkan hasil tersebut maka sikap siswa telah dikatakan meningkat dan mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% dari 25 siswa telah menunjukkan sikap berusaha untuk berpikir berdasakan lembar observasi yang telah dibuat.

References

Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Atika, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110.

Azmi, M. P. (2017). Asosiasi Antara Kemampuan Analogi Dengan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 91–100.

Bidari, I. (2016). Pengaruh Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematika Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dolk, M., & Eerde, D. Van. (2013). Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, 6(8), 58–70. https://doi.org/10.5539/ies.v6n8p58

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The Students’mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With Vba-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123–132.

Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. Creative Education, 6(December), 2438–2445. https://doi.org/10.4236/ce.2015.622251.

Indriani, L. F. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP dalam Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999

KTSP. (2007).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BP Cipta Jaya

Kusumah & Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Masni, E. D. (2017). Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1).

Miliyawati, B. (2017). Reformulasi Strategi Habits Of Mind Matematis Terhadap Kemampuan Mathematical Critical Thingking Dalam Mewujudkan Generasi Emas Berkarakter. JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika ), 1(1), 24–42.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037

Prihandoko. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Rahman, R., & Maarif, S. (2014). Pengaruh penggunaan metode discovery terhadap kemampuan analogi matematis siswa SMK Al-Ikhsan Pamacarian Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-58

Rudiono, T., Dafik, & Wahyuningrum, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Rme Berorientasi Terciptanya Berfikir Tingkat Tinggi Materi Perbandingan Kelas VII. Pancaran, 4(1), 45–54.

Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas: Jakarta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susanti, G., & Rustam, A. (2018). The Effectiveness Of Learning Models Realistic Mathematics Education And Problem Based Learning Toward Mathematical Reasoning Skills At Students Of Junior High School. Journal of Mathematics Education, 3(1), 33–39.

Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas

Wijaya. (2012). Pembelajaran Matematika Realisik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zhok, A. (2016). Habit and Mind. On The Teleology of Mental Habits. Phenomenology and Mind, 0(6), 90–99.

Published
2020-06-03
How to Cite
Susnariah , U. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 162-170. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.291