IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.584Abstract
Keterampilan berbicara bahasa inggris merupakan keterampilan yang penting dimiliki siswa agar kelak mampu berkomunikasi secara internasional. Namun berdasarkan hasil observasi menunjukkkan fakta keterampilan berbacara bahasa inggris siswa kelas VIII masih rendah. Sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkannya, diantaranya menerapkan metode pembelajaran bermain peran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa Kelas VIII SMP IT Tazkia Insani . Subjek penelitian adalah pada siswa kelas VIII SMP IT Tazkia Insani yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berbicara bahasa inggris siswa meningkat pada setiap siklus. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP IT Tazkia Insani Majalengka.
Keywords:
keterampilan berbicara, bahasa inggris, metode bermain peranDownloads
References
Fitriana, I. (2012). Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial dalam Pengembangan Wirausaha. Prosiding Seminas, 1(2).
Hodijah, S., Widodo, S., & Adjie, N. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Metode Bermain Peran. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(2).
Husada, A., Untari, M. F. A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124-130.
Indra, E. N. (2005). Pengaruh Komunikasi Efektif Dan Pelayanan Prima Bagi Wanita Untuk Melakukan Latihan Beban. Medikora, 1(2).
Iskandar, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 292-301.
Kasbolah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kolnel, O. M. H., & Zendrato, J. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Xyz Gunungsitoli, Nias. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 333-347.
Naiborhu, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal global edukasi, 3(1), 7-12.
Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2).
Pranowo, D. J. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).
Rahmi, S., Wahyuningsih, S., & Sujana, Y. (2014). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Pada Anak Kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Tahun 2013/2014. Kumara Cendekia, 2(1), 45-51.
Rofi'uddin, A., & Zuhdi, D. (2002). Pendidikan Bahasa dan Sastra. Indonesia di Kelas Tinggi, Malang: Universitas Negeri Malang.
Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1).
Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.
Zusfindhana, I. H. (2017). Penggunaan Metode Belajar Role Playing Terhadap Aktifitas Belajar Anak Sub Pokok Bahasan Pengenalan Hewan Darat. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 100-103.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work