Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Menggunakan Metode Debat Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.4950Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil akhir yang jelas mengenai model pembelajaran debat guna peningkatan keterampilan berbicara juga hasil belajar kognitif. Dilaksanakan pada 17 s.d 25 Mei 2023 menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tepusen yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, observasi, dokumetasi, dan wawancara. Penelitian ini berjalan sebanyak 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa keterampilan berbicara pada siklus I pertemuan pertama, presentase ketuntasannya adalah 34% dan pertemuan kedua 41%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, presentase ketuntasannya adalah 65% dan pertemuan kedua 93%. Selanjutnya pada hasil belajar peserta didik di siklus I pertemuan pertama, presentase ketuntasannya adalah 45% dan pertemuan kedua 55%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, presentase ketuntasannya adalah 76% dan pertemuan kedua 93%. Penerapan model pembelajaran debat berhasil meningkatkan keterampilan berbicara dan juga hasil belajar kognitif siswa.
Keywords:
Metode Debat, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar KognitifDownloads
References
Aqib, Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asrori, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2017). Evaluating information-processing-based learning cooperative model on speaking skill course. Journal of Language Teaching and Research, 8(1), 44–51. https://doi.org/10.17507/jltr.0801.06
Darumiarsi, F. Z., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 UPTD Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/viewFile/1044/365
Djumingin, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia: Teori dan Penerapannya (A. Mahmuddin (ed.); cetakan ke). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Endrisanti, N. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Metode Debat. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 640-646.
Fidaraini, N. (2022). Ruang Publik Digital dalam Diskusi Agama dan Kepercayaan: Analisis Konten Siniar “Berbeda Tapi Bersama” Episode Ke 20 Inti Ajaran Aliran Kebatinan Perjalanan. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 24(2), 117-134.
Fuad, A. J. (2017). Kemampuan berpikir kritis warga negara dan kekuatan metode debat. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 58-67.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Krissandi, A. D., Windharyanto, B., & R. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Penerbit Media Maxima.
Lestari, F. (2019). Debat: Berpikir Kritis, Berwawasan Luas, Persuasif, Argumentatif. Bitread Digital Publishing.
Mulyani, I. S. (2018). Meningkatkan kemampuan berbicara dengan metode debat dalam proses pembelajaran bahasa inggris pada peserta didik kelas vii c smpn 4 cianjur. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 6(1).
Ni'am, S. T. F., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Praktik Debat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 116-122.
Putri, N. E. (2020). Penerapan Metode Debat Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri Panaikang II Kota Makasar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sanoto, H. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sekolah Dasar. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.
Sanoto, H., & Paseleng, M. C. (2021). Implementasi Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19: Tantangan dan Peluang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 283–288. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/issue/view/286
Silberman, M. L. (2018). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Subhayni, & Iqbal, M. (2021). Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Subhayni, Sa'adiah, & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Triwijayanti, N., Sanoto, H., & Paseleng, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Budaya Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 74–80. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p74-80
Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by ISpring Suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4(4), 240–247. https://doi.org/10.3126/ijssm.v4i4.18336
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gabriel Frieska Kirana, Herry Sanoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work