Peningkatan Kemampuan Pidato Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Sulastri SDN Karangtengah 3 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1305

Keywords:

pidato, metode, demonstrasi, kemampuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi peningkatan kemampuan berbicara (pidato) dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN Karangtengah 3 Kediri Tahun Pelajaran 2020/2001. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan jumlah siswa 14 orang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan observasi. Teknik analisis data dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa kelas VI SDN Karangtengah 3 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dengan rata-rata 55,71. Setelah itu dilanjutkan dengan tes pada siklus I dengan rata-rata 64,29, kemudian meningkat menjadi 76,43 pada siklus II. Hasilnya, peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 12,14. Simpulan ini bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara (pidato) pada siswa kelas VI SDN Karangtengah 3 Kediri Tahun Pelajaran 2020/2001. Oleh karena itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Sulastri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pidato Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 999–1004. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1305