Efektivitas Pembelajaran Mata Pelatihan Pelayanan Publik Dengan Metode Window Shopping Pada Latsar CPNS Kabupaten Kampar

Authors

  • Embung Megasari Zam BPSDM Provinsi Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1136

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Window Shopping, Latsar CPNS

Abstract

Window Shopping merupakan metode pembelajaran berbasis diskusi kelompok dengan aktivitas berbelanja pengetahuan. Metode Window Shopping diharapkan mengubah stigma proses pendidikan dan pelatihan yang terkesan pasif dan membosankan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas pemanfaatan metode Window Shopping pada pembelajaran mata pelatihan Pelayanan Publik Latsar CPNS kelas C Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa mayoritas peserta sangat pembelajaran menggunakan metode window shopping. Kelebihan metode ini adalah metode pembelajaran menarik, meningkatkan kreativitas, mudah dipahami, dan melatih kerja sama tim. Kelemahan metode ini adalah waktu terbatas, penyampaian materi terbatas, harus berkreativitas, fasilitas kurang memadai, sulit dipahami, dan beberapa peserta menyatakan tidak ada kelemahan. Saran untuk perbaikan metode ini yaitu manajemen waktu, manajemen fasilitas, menambah sesi tanya jawab, dipadukan dengan IT, memberi reward, memberi pengantar, menambah fasilitator, tingkatkan kembali, dan sudah baik. Sebagai implikasinya, window shopping diharapkan menjadi pembaharuan metode pembelajaran pada lembaga diklat. Namun, fasilitator perlu memperhatikan aspek kelemahan, kelebihan, serta saran dan perbaikan dalam temuan penelitian ini, sehingga pada akhirnya metode pembelajaran ini dapat menjadi optimalisasi proses pendidikan dan pelatihan secara kontinyu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, K. D. (2021). Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Model Windows Shopping di SD Negeri Nirmala. Aktiva Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23–29.
Cresswell, J. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). Pustaka Pelajar.
Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alfabeta.
Emir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (11 ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Haeli. (2019). Berbelanja Ilmu Dengan Metode Pembelajaran “Window Shopping.” Berita Suara WI BPSDMD Prov. NTB. https://bpsdmd.ntbprov.go.id/berbelanja-ilmu-dengan-metode-pembelajaran-window-shopping/
Hairil. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare Kota Parepare. Seminar Nasional Fisika 2018, 1–3.
Juliarini, A. (2020). Diskusi Buzz Group Dan Window Shopping Dalam Persepsi Peserta Pembelajaran, Mana Yang Lebih Menarik? Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133–139.
Kurdi, M. (2017). Window Shopping : Model Pembelajaran yang Unik dan Menarik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(3), 27–34.
Lembaga Administrasi Negara. (2021). Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.
Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58–66. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/398
Mertler, C. A. (2019). Action Research: Improving Schools and Empowering Educators (6th Ed.). SAGE Publications.
Rahma, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Window Shopping Terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–8.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st century Skills: Lessons from the Learning Sciences. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf
Sulaiman. (2014). Model Pembelajaran Cooperative Learning (Suatu Analisis Psikologis Dalam Pembelajaran). Visipena Journal, 5(2), 25–35. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.258
Sulistijati, N. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan Dunia Pasca Perang Dunia II Melalui Model Pembelajaran Aktif Window Shopping Kelas XII 8 Semester 1 SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dialetika FKIP, 2(2), 63–74.
Suprabawati, I. K. N. (2020). Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Window Shopping Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 1–6.
Suprapto. (2017). Penerapan Pembelajaran TSTS Dengan Aktifitas Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar. E-DuMath Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 138–146.
Sutardi. (2014). Bagaimana Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Dinamis. Informasi Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat). http://diklat.semarangkota.go.id/post/bagaimana-menciptakan-proses-belajar-mengajar-yang-dinamis-sutardi-pi
Yetti, R. (2018). Model Window Shopping Dalam Pembelajaran Membandingkan Teks Ulasan Film Pada Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 5 Pekanbaru. Journal on Education, 01(01), 75–82. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/24
Yuwono, I. (2019). Studi Perbandingan Metode Pembelajaran Diskusi, Jigsaw, dan Window Shopping Dalam Internalisasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Widya Climago, 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

Megasari Zam, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelatihan Pelayanan Publik Dengan Metode Window Shopping Pada Latsar CPNS Kabupaten Kampar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 574–582. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1136