Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara menyampaikan informasi melalui metode jigsaw pada siswa kelas VI SDN 3 Tanggel Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas VI SDN 3 Tanggel Randublatung Blora yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini berupa proses kegiatan pembelajaran kemampuan berbicara menyampaikan informasi. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitiaan ini. Peranan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada standar kompetensi kemampuan berbicara menyampaikan informasi ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata, yakni : siklus I 72,04; siklus II 75,56; dan siklus III 83,57. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 69,57%, siklus II 82,61%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%. Kesimpulan membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada standar kompetensi kemampuan berbicara menyampaikan informasi pada siswa kelas VI SDN 3 Tanggel Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
kemampuan, berbicara, informasi, metode jigsawDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work