Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Informasi yang Dibaca Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1536Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi yang dibaca melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 6 Gondangmanis Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 6 Gondangmanis Bae Kudus yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dan guru. Terdapat peningkatan kemampuan siswa menyimpulkan informasi yang dibaca teks bacaan dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat yaitu 57,61% meningkat menjadi 71,79% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 86,55%. Selisih peningkatan dari baseline ke siklus I sebesar 14,18% kemudian selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,76%. Dengan demikian skor rata-rata kemampuan siswa menyimpulkan informasi yang dibaca teks bacaan dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat dikategorikan baik kemudian pada siklus II dikategorikan baik sekali. Simpulan penelitian ini menunjukkan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan informasi yang dibaca pada siswa kelas VI SDN 6 Gondangmanis Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
kemampuan, menyimpulkan informasi, metode demonstasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work