Pola Tutur Lokusi dan Ilokusi pada Presenter Berita di Metro TV dan TV One
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1388Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan membandingkan wujud tindak tutur lokusi dan ilokusi yang terdapat pada Presenter berita dalam menyampaikan atau menyiarkan berita pada stasiun Televisi di Metro TV dan TV One. Subjek pada penelitian ini yakni penggunaan tuturan yang digunakan pada Presenter berita dalam menyampaikan atau menyiarkan berita pada stasiun Televisi di Metro TV dan TV One. Adapun objek pada penelitian ini ialah wujud tindak tutur lokusi dan ilokusi yang digunakan pada Presenter dalam menyampaikan atau menyiarkan berita. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni metode simak dengan teknik simak libat cakap dan teknik observasi non-partisipan. Penulis melakukan analisis data meliputi tiga tahap yaitu tahap Pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mendapatkan dekskripsi dan membandingkan objek tentang tuturan yang digunakan Presenter dalam menyampaikan atau menyiarkan berita di stasiun TV yakni Metro TV dan TV One. Hasil Penlitian temuan penggunaan Lokusi pada kedua stasiun TV terdapat 58 bentuk Lokusi. Diantaranya pada stasiun Metro TV terdapat 71 bentuk lokusi. Diantaranya terdapat 39 bentuk Lokusi pada Stasiun Metro TV dan terdapat 32 pada stasiun TV One. Sedangkan pada temuan penggunaan Ilokusi pada kedua stasiun TV terdapat 51 bentuk Ilokusi. Diantaranya terdapat 29 bentuk Ilokusi pada Stasiun Metro TV dan terdapat 22 pada stasiun TV One. Penelitian ini akan memberikan rekomendasi bahan ajar berupa handout teks berita tingkat SMP kelas VIII.
Keywords:
tindak tutur lokusi, ilokusi, presenter, bahan ajar, teks beritaDownloads
References
ArdiPras.2021. Sejarah Metro Tv Stasiun Televisi Indonesia. MetroTV - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Diakses pada 21 Juni 2021.
Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa.
Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Anggraeni, Dian. 2015. Analisis Tindak Tutur dalam Acara “Indonesia Lawyers Club” TVOne. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Artini Ni Ketut. (2018). Wujud dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi antara Guru dengan Siswa di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma, 2018).
Chaer, A. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fitriah, Farrah & Siti Sarah Fitriani. 2017. Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R.H. Fitriadi. Jurnal Master Bahasa, Volume 5, No. 1, Januari 2017, hlm.53.
Ibrahim, Syukur Abd. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. Longdonman (Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh M. D. D. Oka. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset).
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
Miles dan Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm 16.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nadar, F.X. Kunjana. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Pratama.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syahraini.E Dkk. (2014). Jurnal Bahasa, sastra dan Pembelajaran. Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas Viismp Negeri 4 Tambang Kabupaten Tampar. Universitas Negeri padang Volume 2 (2), hlm. 69-100.
Tatang M. Amirin. Menyusun Rencana Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Jakarta: Erlangga, 2009) Hal. 91.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rosadi. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work