PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.289Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana dengan strategi ThinkTalk-Write; dan (2) untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana dengan strategi ThinkTalk-Write. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas X-MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana. Pengambilan data penelitian menggunakan prosedur perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas XMIPA 1 SMA Negeri 1 Jalaksana mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write. Hasil tes menulis teks eksposisi pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 77,42 dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 84,06. Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dari siklus I ke siklus II sebesar 6,64 poin atau 18,44%. Selain peningkatan keterampilan, perilaku siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write.
Keywords:
MenulisTeks eksposisi, Think-Talk-WriteDownloads
References
Alfanika, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Painan. Jurnal Gramatika, 3(1), 101-118
Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cintiandini, A., Nahdi, D. S., & Susilo, S. V. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Tipe Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka, 146-153. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/21
Hamdayama, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iru, L & Arihi L.S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.
Hamzah, B. (2009). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hairuddin; Puspita; E.; Mirizon,S.; Zahra. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Helmawati, Raja, P & Samhati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik SMA. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2 (1), 1-13.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Jaya: Yogyakarta.
Ibrahim, AS & Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Reika Aditama.
Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis. Erlangga: Jakarta.
Rohmadi, M. & Nugraheni, S. (2011). Belajar Bahasa Indonesia Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.
Sianturi, EO. & Ambarita, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Basastra, 5(2), 1-12.
Suryadi, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN Ketintang II/410 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1582-1596.
Uliana, I. Dananjaya, HF. & Primandhika, RB. (2019). Penerapan Metode Think Talk Write Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Menengah Atas. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2 (4), 495-500.
Yunsirno. (2010). Keajaiban Belajar. Pontianak: Pustaka Jenius Publishing.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work