PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE

  • Deni Rosdiana SMA Negeri 1 Jalaksana
Keywords: MenulisTeks eksposisi, Think-Talk-Write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana  dengan strategi ThinkTalk-Write; dan (2) untuk meningkatkan  kualitas hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana  dengan  strategi ThinkTalk-Write. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas X-MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana. Pengambilan data penelitian menggunakan prosedur perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas XMIPA 1 SMA Negeri 1 Jalaksana mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write. Hasil tes menulis teks eksposisi pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 77,42 dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 84,06. Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dari siklus I ke siklus II sebesar 6,64 poin atau 18,44%. Selain peningkatan keterampilan, perilaku siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri 1 Jalaksana juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write.

References

Alfanika, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Painan. Jurnal Gramatika, 3(1), 101-118

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cintiandini, A., Nahdi, D. S., & Susilo, S. V. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Tipe Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka, 146-153. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/21

Hamdayama, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iru, L & Arihi L.S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.

Hamzah, B. (2009). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hairuddin; Puspita; E.; Mirizon,S.; Zahra. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Helmawati, Raja, P & Samhati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik SMA. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2 (1), 1-13.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Jaya: Yogyakarta.

Ibrahim, AS & Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Reika Aditama.

Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis. Erlangga: Jakarta.

Rohmadi, M. & Nugraheni, S. (2011). Belajar Bahasa Indonesia Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.

Sianturi, EO. & Ambarita, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Basastra, 5(2), 1-12.

Suryadi, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SDN Ketintang II/410 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1582-1596.

Uliana, I. Dananjaya, HF. & Primandhika, RB. (2019). Penerapan Metode Think Talk Write Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Menengah Atas. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2 (4), 495-500.

Yunsirno. (2010). Keajaiban Belajar. Pontianak: Pustaka Jenius Publishing.

Published
2020-06-03
How to Cite
Rosdiana, D. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 132-139. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.289