Nilai Karakter Mandiri Tokoh Dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi: Sebuah Pendekatan Pragmatik Sastra

Authors

  • Tia Sartika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferina Meliasanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1844

Keywords:

novel, unsur intrinsik, nilai mandiri

Abstract

Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk (1) menguraikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, (2) dan nilai mandiri yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, (3) mendeskripsikan pemanfaatan novel sebagai materi ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah identitas novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti dan objek penelitian yaitu unsur intrinsik dan nilai mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan sebagai (1) unsur intrinsik dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, meliputi tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat, (2) nilai mandiri yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti meliputi, nilai kemandirian emosi, nilai kemandirian ekonomi, nilai kemandirian intelektual, dan nilai kemandirian sosial, (3) hasil analisis novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti dijadikan materi ajar dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai analisis unsur instrinsik dan kaidah teks novel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Endaswara, S. (2003). Membaca,Menulis,Mengajar Sastra: Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Kota Kembang.
Esten, M. (1987). Kesusastraan (Pengantar Teori dan Sejarah). Bandung: Angkasa.
Kemendiknas. (2010). Rencana Aksi Pendidikan Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta.
Kuswanti, M. (2017). Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi. Jakarta: Bhuana Sastra.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mudlofar, A. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Guruan dan Bahan Ajar Dalam Guruan Islam. Jakarta: Rajawali Pres.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ratna, N. (2015). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Satra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton (Edisi Terjemahan oleh Sugihastuti dan Rossi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Vismaia, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Sartika, T. ., Nurhasanah, E. ., & Meliasanti, F. . (2022). Nilai Karakter Mandiri Tokoh Dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi: Sebuah Pendekatan Pragmatik Sastra. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 209–218. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1844