Unsur Retorika Pada Novelet Wesel Pos Karya Ratih Kumala serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar SMK

Authors

  • Anah Mulyanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sahlan Mujtaba Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Januar Ibnu Adham Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1835

Keywords:

bahan ajar, novelet, unsur retorika

Abstract

Jenis karya sastra sangat beragam, salah satunya novel. Novel ditulis dengan karakter penulisan dan penyampaian yang khas sehingga diperlukan pengungkapan bahasa  sebagai instrumen dalam berkomunikasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur retorika pada novelet Wesel Pos karya Ratih Kumala dan  relevansinya sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Kejuruan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya berupa novelet Wesel Pos Karya Ratih Kumala yang menggambarkan realitas sosial kota Jakarta. Pengisahannya menggunakan gaya bahasa atau unsur retorika yang menarik untuk diperbincangkan. Unsur retorika yang terkandung pada novelet Wesel Pos karya Ratih Kumala terbagi menjadi tiga bagian yaitu pemajasan, penyiasatan struktur dan citraan. Pemajasan terdiri dari majas retorika, majas metafora, majas metonimia, dan majas sarkasme. Penyiasatan struktur terdiri dari repetisi dan paralelisme. Sedangkan citraan terdiri dari citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerak, citraan rabaan dan penciuman. Ketiga unsur tersebut menjadi ciri khas pengarang menggambarkan cerita pada sebuah karya sastra. Hal ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat diimplementasikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan dengan KD. Menganalisis Isi dan Kebahasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. (2017). Metode Penulisan Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Balai Pustaka.
Kumala, R. (2018). Wesel Pos. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prastowo, Andi. (2015) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sidiq, U., & Miftachul C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: VC. Nata Karya
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra: Sajian dan Kajian Hasil Riset. Malang: UB Press.
Wiyatmi. (2009). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra: Teori dan Kajian terhadap Sastra Indonesia. Yogyakarta: Kanwa Publisher

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Anah Mulyanah, Sahlan Mujtaba, & M. Januar Ibnu Adham. (2022). Unsur Retorika Pada Novelet Wesel Pos Karya Ratih Kumala serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar SMK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 193–200. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1835