Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang

Authors

  • Zetty Karyati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370

Abstract

Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Melalui sekolah, peserta didik belajar berbagai macam hal baru. Membaca, menulis dan berhitung merupakan kesatuan yang menjadi kebiasaan semua orang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh keterampilan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian korelasional, Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bojong 2, 3, dan 4 Tangerang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik probability sampling dan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Didapatkan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa dari 3 sekolah. Hasil penelitian lain juga menunjukkan adanya hubungan yang berarti atau signifikan antara prestasi belajar Bahasa indonesia dengan kemampuan menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Jadi keterampilan membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, menunjukkan semakin tinggi keterampilan membaca siswa, semakin tinggi pula prestasi belajarnya.

Keywords:

keterampilan membaca, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar.
Jakarta : Rineka Cipta)

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1).

Md Arya Praditha, I., Kusmariatni, N., & Gst Ngurah Japa, I. (2017). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menyelesaikan Soal Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasisi Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara.
S Margono. (2013). Metodoologi Penelitian Pendidikan. In Metodologi Penelitian Pendidikan.
Somadyo, S. (2011). Strategi dan Teknik pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.
Soeparno. 1993. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Raja Wali Press.
Tarigan. (2008). Berbicara sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Angkasa.
U.S., S. (2015). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Prima Ufuk Semesta.
Witri Nur Anisa. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Bahasa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Downloads

Abstract Views : 1742
Downloads Count: 1894

Published

2021-08-19

How to Cite

Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1135–1142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.