Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370Abstract
Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Melalui sekolah, peserta didik belajar berbagai macam hal baru. Membaca, menulis dan berhitung merupakan kesatuan yang menjadi kebiasaan semua orang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh keterampilan membaca terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian korelasional, Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bojong 2, 3, dan 4 Tangerang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik probability sampling dan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Didapatkan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa dari 3 sekolah. Hasil penelitian lain juga menunjukkan adanya hubungan yang berarti atau signifikan antara prestasi belajar Bahasa indonesia dengan kemampuan menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Jadi keterampilan membaca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, menunjukkan semakin tinggi keterampilan membaca siswa, semakin tinggi pula prestasi belajarnya.
Keywords:
keterampilan membaca, prestasi belajarDownloads
References
Jakarta : Rineka Cipta)
Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1).
Md Arya Praditha, I., Kusmariatni, N., & Gst Ngurah Japa, I. (2017). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menyelesaikan Soal Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasisi Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara.
S Margono. (2013). Metodoologi Penelitian Pendidikan. In Metodologi Penelitian Pendidikan.
Somadyo, S. (2011). Strategi dan Teknik pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.
Soeparno. 1993. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Raja Wali Press.
Tarigan. (2008). Berbicara sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Angkasa.
U.S., S. (2015). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Prima Ufuk Semesta.
Witri Nur Anisa. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Bahasa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work