Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharoh Kitabah Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5059Abstract
Keterampilan menuis bahasa arab atau maharoh kitabah merupakan salah satu kemahiran berbahasa yang harus dikuasai siswa. namun beberapa siswa masih kesulitan dalam menguasai keterampilan ini. Pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa yang kurang menguasai keterampilan menulis arab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab dengan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 probolinggo pada bulan November-Desember 2022. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru Bahasa arab di MAN 1 probolinggo serta salah satu murid kelas X. Data primer diperoleh melalui kegiatan wawancara dengan guru Bahasa arab dan salah satu murid kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif, siswa dapat belajar dari satu sama lain dan memperoleh manfaat dari saling bertukar ide dan pendapat. Implementasi pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan maharoh kitabah siswa dengan cara membantu mereka untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis dan membaca. Selain itu, pendekatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama dan berkomunikasi dengan orang lain, yang merupakan keterampilan yang penting untuk sukses di dunia kerja. Siswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran kolaboratif dam memberikan umpan balik yang baik terkait kegiatan pembalajaran.
Keywords:
pembelajaran kolaboratif, maharoh kitabahDownloads
References
Akella, N. (2012). The Real Deal on Collaborative Learning. Education Journal, 2(3), 23-29.
Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Learning tipe Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Anggreni, I. D. A. Y. D., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 125-136.
Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika topik kubus dan balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 269-277.
Berndt, A. (2011). Collaborative learning scenarios in dp corporate’s blended learning foreign language program. Proceedings of the 4th International Conference on ICL for Language Learning, Florence, October 20-21, 2011. Retrieved from http: //www.pixel-online.net/ICT4LL2011/conferenceproceedings.php
Buhun, M. F., Nasution, A., & Muassomah, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kolaboratif dalam Maharah Kitabah di Ma Asy-Syifa Totikum. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 9(2), 245-254.
Curtis, D. D., & Lawson, M. J. (2001). Exploring Collaborative Online Learning. JALN, 5 (1), 21-34.
Daradoumis, T., & Marquès, J. M. (2000). A methodological approach to networked collaborative learning: Design and pedagogy issues. Proceedings of the 2nd International Conference on Networked Learning, Lancaster University, England, April 17-19, 2000
Esteves, M. (2011). Learning by collaboratively writing in wikis: A strategy for the development of learners’ autonomy. Proceedings of the 4th International Conference on ICL for Language Learning, Florence, October 20-21, 2011. Retrieved from http://www.pixel-online.net/ICT4LL2011/conferenceproceedings.php
Hernandez, R. (2012). Collaborative Learning: Increasing Students' Engagement Outside the Classroom. Online Submission.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., Stanne, M. B., & Garibaldi, A. (1990). Impact of group processing on achievement in cooperative groups. The Journal of Social Psychology, 130(4), 507-516.
Laal, M., Mozhgan, L. (2012). Collaborative Learning: What is it? Procedia Social and Behavioral Sciences,31(2012), 491-495.
Larusson, J. A., & Alterman, R. (2009). Wikis to support the “collaborative” partof collaborative learning. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 4(4), 371–402.
Ning, H. (2011). Adapting cooperative learning in tertiary ELT. ELT Journal, 65(1), 60-70.
Panitz, T. (1996). A definition of collaborative vs. cooperative learning. Retrieved from http://www.londonmet. ac.uk/deliberations/collaborative-learning/panitz-paper.cfm
Perifanou, A. M., & Costa, C. (2009). Web 2.0 scenarios in language learning sharing experiences. Proceedings of the 2nd International Conference on ICL for Language Learning, Florence, November 6-7, 2009. Retrieved from http://www. pixel-online.net/ICT4LL2009/conferenceproceedings.php
Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37-48.
Putri, H., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh model pembelajaran collaborative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar mekanika teknik siswa kelas x dpib smk n 1 koto xi tarusan. CIVED, 5(4).
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558-565.
Rüschoff, B. (2009). Output-oriented language learning with digital media. In M. Thomas (Ed.), Handbook of research on Web 2.0 and second language learning (pp. 42-59). Hershey, P. A.: IGI Global.
Smith, B. L., & MacGregor, J. T. (1992). What is collaborative learning. Suny Press.
Vázquez Mariño, I. (2011). Applying constructivist theories to cooperative activities in L2. RedELE, 21, February. Retrieved from http://www.educacion.gob.es/redele/revistaRedEle/2011/primera.html
Wiersema, N. (2000). How does collaborative learning actually work in a classroom and how do students react to it? A brief reflection. Retrieved from http://www.city.londonmet.ac.uk/deliberations/collab.learning/wiersema.html
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 yayah robiatul adawiyah, Lailatul Jennah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work