Pengembangan Media Moraku pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2302Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media Moraku (Monopoli Keberagaman Negeriku) yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tema indahnya keragaman dinegeriku, pengembangan media Moraku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Sugiono terdapat 10 langkah-langkah pengembangan yaitu 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi tahap akhir, 10) produksi masal. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Moraku layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat hasil validasi dari ahli media 1 mendapatkan skor 86 dengan presentase 95% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba dengan revisi, sedangkan ahli media 2 mendapatkan skor 88 dengan presentase 98% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba tanpa revisi. Pada validasi ahli materi mendapatkan skor 70 dengan presentase 100% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba tanpa revisi. Pada uji coba produk kelompok kecil menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 60% pada rata-rata pretest 66 dan postest 86. Sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 73% dengan rata-rata pretest 57 dan postest 88. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media Moraku pada pembelajaran tematik terpadu tema indahnya keragaman di negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.
Keywords:
Media Moraku, Hasil BelajarDownloads
References
Ananda, L. J., & Annisa, C. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tematik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 104204 Sambirejo Timur Kab. Deli Serdang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 131. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18800
Anni, C, T. (2012). Psikologi Belajar. IKIP Semarang Press.
Ashari, P. B. (2017). Pengembangan Media Monopoli Game Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kecamatan Gunungpati.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Hakim, I. N. (2014). Pembelajaran tematik-integratif di SD/MI dalam kurikulum 2013. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 46-59.
Kasanah, K. Fira, D. (2019). Pengembangan Media Monopoly Smart Games (Msg) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Unikama, 3(November), 149–157.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu (2014th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing science monopoly on the force learning material for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084
Pertiwi, D. I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu. In Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Pribadi, A. B. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model Addie. Kencana.
Rifa, I. (2012a). Koleksi Games Edukatif di Dalam Dan Luar Sekolah. Flash Books.
Rifa, I. (2012b). Koleksi Games Edukatif Di Dalam Dan Luar Sekolah. Flash Books.
Saputra, T. A. (2009). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Suryani, N, D. (2018a). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.
Suryani, N, D. (2018b). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.
Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120.
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Kencana.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tety Nur Cholifah, Maliatul Wahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work