Pengembangan Media Moraku pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Tety Nur Cholifah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Maliatul Wahidah Universitas Islam Raden Rahmat, Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2302

Keywords:

Media Moraku, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media Moraku (Monopoli Keberagaman Negeriku) yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tema indahnya keragaman dinegeriku, pengembangan media Moraku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Sugiono terdapat 10 langkah-langkah pengembangan yaitu 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain,  6) uji coba produk, 7) revisi produk,  8) uji coba pemakaian,  9) revisi tahap akhir,  10) produksi masal. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Moraku layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat hasil validasi dari ahli media 1 mendapatkan skor 86 dengan presentase 95% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba dengan revisi, sedangkan ahli media 2 mendapatkan skor 88 dengan presentase 98% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba tanpa revisi. Pada validasi ahli materi mendapatkan skor 70 dengan presentase 100% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba tanpa revisi. Pada uji coba produk kelompok kecil menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 60% pada rata-rata pretest 66 dan postest 86. Sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 73% dengan rata-rata pretest 57 dan postest 88. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media Moraku pada pembelajaran tematik terpadu tema indahnya keragaman di negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, L. J., & Annisa, C. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tematik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 104204 Sambirejo Timur Kab. Deli Serdang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 131. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18800

Anni, C, T. (2012). Psikologi Belajar. IKIP Semarang Press.

Ashari, P. B. (2017). Pengembangan Media Monopoli Game Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kecamatan Gunungpati.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.

Hakim, I. N. (2014). Pembelajaran tematik-integratif di SD/MI dalam kurikulum 2013. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 46-59.

Kasanah, K. Fira, D. (2019). Pengembangan Media Monopoly Smart Games (Msg) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Unikama, 3(November), 149–157.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu (2014th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing science monopoly on the force learning material for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084

Pertiwi, D. I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu. In Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Pribadi, A. B. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi : Implementasi Model Addie. Kencana.

Rifa, I. (2012a). Koleksi Games Edukatif di Dalam Dan Luar Sekolah. Flash Books.

Rifa, I. (2012b). Koleksi Games Edukatif Di Dalam Dan Luar Sekolah. Flash Books.

Saputra, T. A. (2009). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Suryani, N, D. (2018a). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.

Suryani, N, D. (2018b). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Kencana.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Cholifah, T. N., & Wahidah, M. (2022). Pengembangan Media Moraku pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 741–751. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2302

Issue

Section

Articles