Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Ayu Dea Ananda Rachmawati Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan
  • Moh. Syafruddin Kuryanto

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan serta efektivitas media permainan ular tangga bertema keragaman budaya di Indonesia dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV SD. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi, serta tes pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur kelayakan media serta efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga ini sangat layak digunakan berdasarkan validasi dari tiga ahli, dengan rata-rata tingkat kelayakan sebesar 96%. Uji coba pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,36 yang meningkat menjadi 83,21 pada posttest. Selain itu, penggunaan media ini mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, media permainan ular tangga ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap materi keragaman budaya di Indonesia.

Keywords:

Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Keragaman Budaya, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, Auliya Cindy, Ulya, Himmatul, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2023). Pengaruh Model Role Playing dengan Permainan Tradisional Pasaran terhadap Kemampuan Numerik Siswa. MANAZHIM. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2938

Anisa, Windi Nur, Cahyadi, Fajar, & Rahmawati, Intan. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Wawasan Pendidikan. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936

Ardiyanti, Hestining, Ismaya, Erik Aditia, & Setiawan, Deka. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Candra, Evita, Setiawan, Deka, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088

Fadhilah, Fitria Husna, Ardianti, Sekar Dwi, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1657–1664.

Fitria, Aida Dwi, Fajrie, Nur, & Kuryanto, Mohammad Syafruddin. (2021). The Effectiveness Of Using Whatsapp As A Media In Online Learning At Grade 5 Sd N 1 Karangnongko Jepara. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8439

Hananto, Muhammad Firhan, Setiawan, Deka, & Ahsin, Muhammad Noor. (2022). Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V di SD 5 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.115-127

Harwanti, Mayalinda Siska, Pratiwi, Ika Ari, & Setiawan, Deka. (2022). Penerapan Model Mind Mapping Menggunakan media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 5 Pada Siswa Kelas IV SD 02 Megawon. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p7-12

Jendriadi, Jendriadi, Melati, Rima Rahayu, Sukandar, Warlan, Ismira, Ismira, Puspita, Vivi, Zaturrahmi, Zaturrahmi, Anwar, Rahmi, & Desmariani, Evi. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226

Khomsin, Khomsin, & Rahimmatussalisa, Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Lestari, Indah Cahyani. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar . https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1730

Lyanda, Doli, Halim, R. M. Nasrul, & Syakti, Firamon. (2023). Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Tata Surya Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1037

Permatasari, Nindi Andriani, Setiawan, Deka, & Kironoratri, Lintang. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303

Prasetya, Arif, Kuryanto, Moh. Syafruddin, & Hilyana, Farah Shoufika. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 1 Mijen Kaliwungu Kota Kudus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5052–5061. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8714

Pratiwi, Avelina Sherin, & Hardini, Agustina Tyas Asri. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1271

Sahar, Septiana, Setiawan, Deka, & Oktavianti, Ika. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Anak Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian.

Sari, Nita Yunda, Oktavianti, Ika, & Setiawan, Deka. (2021). APPLICATION OF THE MAKE A MATCH MODEL ASSISTED WITH ESAPI MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES. PROGRES PENDIDIKAN. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.145

Syafria, Meila Noor, Pratiwi, Ika Ari, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5863

Tegeh, I. Made, & Kirna, I. Made. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA.

Uswatun Khasanah, Fathurohman, Irfai, & Setiawan, Deka. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611

Yanti, Ida, Affandi, Lalu Hamdian, & Rosyidah, Awal Nur Khalifatur. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280

Downloads

Abstract Views : 300
Downloads Count: 25

Published

2025-07-01

How to Cite

Rachmawati, A. D. A., Setiawan, D., & Kuryanto, M. S. (2025). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13186

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.