Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2589Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesulitan dan memberikan upaya mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah kelas VIII SMP Negeri 4 Bayah pada semester genap tahun 2021/2022. Teknik pengumpulan data melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) langkah memahami masalah yaitu siswa kesulitan dalam menuslikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal; (2) langkah merancang rencana yaitu siswa kesulitan dalam menuliskan simbol untuk mengubah permasalahan ke model matematika; (3) langkah melaksanakan rencana yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode gabungan; (4) langkah melihat kembali yaitu siswa kesulitan dalam membuat kesimpulan dari soal dan melakukan pengecekan jawaban.
Keywords:
kesulitan, pemecahan masalah, SPLDVDownloads
References
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 22. Departemen Pendidikan Nasional.
Enlisia, A. P., Rahardjo, S., & Sisworo, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1820–1826. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14347
Hafid, H. (2017). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257–265. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12310
Haryono, Y., Juwita, R., & Vioni, S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Berdasarkan Langkah Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 849–859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Sisa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geomteri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 86–98.
Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. K-Media.
OECD. (2016). Pisa 2015 Assesment and Analytical Framework; Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. OECD Publishing.
OECD. (2019). Pisa 2018 Assesment and Analytical Framework; Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. OECD Publishing.
Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. The Matematical Gazette.
Rahayu S, P. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 331–340.
Ramadhani, W. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.
Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Sulistiyorini. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.
Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto. AlphaMath:Journal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Midawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work