Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya

Authors

  • Midawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2589

Keywords:

kesulitan, pemecahan masalah, SPLDV

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesulitan dan memberikan upaya mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah kelas VIII SMP Negeri 4 Bayah pada semester genap tahun 2021/2022. Teknik pengumpulan data melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) langkah memahami masalah yaitu siswa kesulitan dalam menuslikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal; (2) langkah merancang rencana yaitu siswa kesulitan dalam menuliskan simbol untuk mengubah permasalahan ke model matematika; (3) langkah melaksanakan rencana yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode gabungan; (4) langkah melihat kembali yaitu siswa kesulitan dalam membuat kesimpulan dari soal dan melakukan pengecekan jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 22. Departemen Pendidikan Nasional.

Enlisia, A. P., Rahardjo, S., & Sisworo, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1820–1826. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14347

Hafid, H. (2017). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257–265. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12310

Haryono, Y., Juwita, R., & Vioni, S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Berdasarkan Langkah Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 849–859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510

Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Sisa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geomteri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 86–98.

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. K-Media.

OECD. (2016). Pisa 2015 Assesment and Analytical Framework; Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. OECD Publishing.

OECD. (2019). Pisa 2018 Assesment and Analytical Framework; Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. OECD Publishing.

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. The Matematical Gazette.

Rahayu S, P. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 331–340.

Ramadhani, W. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660

Sulistiyorini. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto. AlphaMath:Journal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Midawati, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 831–837. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2589