Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkaan Teks Nonfiksi Melalui Metode Kooperatif Jigsaw

Authors

  • Juni Marlina Sinaga SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan   informasi berdasarkan Teks Nonfiksi melalui  metode kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera  Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera  Utara dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera  Utara yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan   informasi berdasarkan Teks Nonfiksi melalui metode kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera  Utara  meningkat dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan   informasi berdasarkan Teks Nonfiksi dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,7, dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 66,4. Pada siklus II meningkat sebesar 11,3 dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 76. Dapat disimpulkan  bahwa  penggunaan  metode kooperatif tipe  jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berrbicara menyampaikan   informasi berdasarkan Teks Nonfiksi pada siswa kelas  VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera  Utara Tahun  Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

Keterampilan, Berbicara, Metode, Kooperatif Jigsaw

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 480
Downloads Count: 677

Published

2021-08-07

How to Cite

Sinaga, J. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkaan Teks Nonfiksi Melalui Metode Kooperatif Jigsaw. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 991–998. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1307

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.