Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkaan Teks Nonfiksi Melalui Metode Kooperatif Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1307Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan informasi berdasarkan Teks Nonfiksi melalui metode kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera Utara dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera Utara yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan informasi berdasarkan Teks Nonfiksi melalui metode kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera Utara meningkat dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan informasi berdasarkan Teks Nonfiksi dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,7, dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 66,4. Pada siklus II meningkat sebesar 11,3 dari kondisi awal 64,7 meningkat menjadi 76. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berrbicara menyampaikan informasi berdasarkan Teks Nonfiksi pada siswa kelas VI SDN 173476 Hutapinang Humbang Hasundutan Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
Keterampilan, Berbicara, Metode, Kooperatif JigsawDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work