TEKNIK KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS PADA MATERI MENULIS SURAT DI KELAS VI SDN 1 KRANDON
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.207Abstract
Penelitian ini diawalai dengan masalah yang dihadapi guru yaitu masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN 1 Kerandon dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Teknologi” dengan pokok bahasan “Menulis Surat” melalui penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Indonesia “Menulis Surat” di Kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.
Keywords:
hasil belajar, teknik kooperatif terpadu, membaca dan menulisDownloads
References
Ahmadi, A. & Supriyono W.( 2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasbolah (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Niliawati, L, dkk. (2018). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.
Nurudin. (2010). Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Sampepolan, YA. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Materi Nilai dan Norma Sosial Melalui Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 130-139.
Samsudin, A. (2011).Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis.Jurnal Penelitian Pendidikan. 13 ( 2)1-9.
Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Saputri, dkk. (2016). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4(2), 145-160.
Sugandi, A.( 2004). TeoriPembelajaran. Semarang: UNNES Press.
Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY.
Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.
Yusmiati, E. 2010. Penerapan Model Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Reaksi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work