TEKNIK KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS PADA MATERI MENULIS SURAT DI KELAS VI SDN 1 KRANDON

  • Asti SDN 1 Kerandon Cirebon
Keywords: hasil belajar, teknik kooperatif terpadu, membaca dan menulis

Abstract

Penelitian ini diawalai dengan masalah yang dihadapi guru yaitu masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI  SDN 1 Kerandon dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Teknologi” dengan pokok bahasan “Menulis Surat” melalui penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Indonesia “Menulis Surat” di Kelas VI  SD Negeri 1 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

References

Ahmadi, A. & Supriyono W.( 2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasbolah (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Niliawati, L, dkk. (2018). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.

Nurudin. (2010). Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Sampepolan, YA. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Materi Nilai dan Norma Sosial Melalui Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Rantepao Toraja Utara. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 130-139.

Samsudin, A. (2011).Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis.Jurnal Penelitian Pendidikan. 13 ( 2)1-9.

Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Saputri, dkk. (2016). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4(2), 145-160.

Sugandi, A.( 2004). TeoriPembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY.

Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.

Yusmiati, E. 2010. Penerapan Model Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Reaksi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Published
2020-06-01
How to Cite
Asti. (2020). TEKNIK KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS PADA MATERI MENULIS SURAT DI KELAS VI SDN 1 KRANDON. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 41-47. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.207