Pengaruh Gerakan Program Literasi Sekolah Dengan Model MLM (Membaca Lima Belas Menit) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Eksplanasi Kelas V SDN 20 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12093Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Model MLM (Membaca Lima Belas Menit) dalam gerakan program literasi sekolah terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi kelas V SDN 20 Cakranegara. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (Quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN 20 Cakranegara, terdiri dari 2 kelas yaitu : Kelas A terdiri dari 27 siswa dan Kelas B terdiri dari 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat dilihat pada table di atas diperoleh nilai thitung = 3,849 ≥ ttabel 2,010, dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan ada pengaruh gerakan program literasi sekolah dengan model MLM (membaca Lima Belas Menit) terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi kelas V SDN 20 Cakranegara. Maka dapat ditarik kesimpulan dari hasil uji tersebut terdapat pengaruh program literasi sekolah dengan model MLM (Membaca Lima Belas Menit) terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi.
Keywords:
Model MLM (Membaca Lima Belas Menit), Kemampuan Memahami isi Teks EksplanasiDownloads
References
Fadhilah, Amirah. (2018). Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.
Fijayanti, I. U. D. R. (2015). Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya: Studi Deskriptif Program Membaca Lima Belas Menit Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya Dilihat Dari Dimensi Produktivitas, Kualitas, Efisiensi, Flexibilitas, Keunggulan, Pengembangan dan Kepuasan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Lestari, I. M., Gunayasa, I. B. K., & Zain, M. I. (2021). Keterlaksanaan Program Literasi Baca-Tulis Pada Kelas Tinggi di SDN 26 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal ilmiah mandala education, 7(4).
Lilik, R. (2018). Upaya Peningkatan Program Literasi Di Perpustakaan SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 146-156.
Syafari, C. L., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5883–5896. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9101
Wisma, B. A. L. ., Ermiana, I. ., & Affandi, L. H. . (2023). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3804
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Wayan Mudiarsa Darmanika, Siti Istiningsih, Muhammad Erfan, Fitri Puji Astria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work