Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP

Authors

  • Septina Shinta Monica Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamugkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa https://orcid.org/0000-0001-5979-5889
  • Jaenudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839

Keywords:

Literasi Matematika, PISA, Baduy

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat, tetapi pada kenyataannya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membiasakan siswa untuk mengerjakan soal literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi matematika model PISA dengan menggunakan konteks budaya Baduy yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Tessmer. Tahap pengembangannya terdiri dari preliminary, self evaluation, prototyping yang terdiri dari tahap expert review, one-to-one, dan small group, serta yang terakhir adalah tahap field test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dinyatakan “sangat valid” pada expert review dan skor akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa instrumen “valid” dan “reliabel”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, R. A. S. (2017). Instrumen Penelitian Yang Valid Dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117-124.

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape And Space. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 185-194.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan double loop problem solving untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis level 3 pada siswa kelas viii smpn 27 bandung. Lemma, 2(1), 144762.

Kuswidi, I. (2015). Brain-based learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195-202.

Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, 3(1), 86-96.

Mansur, N. (2018, February). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 140-144).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.

OECD., K. (2018). OECD science, technology and innovation Outlook 2018. Paris: OECD Publishing.

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14-26.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal pendidikan matematika, 1(2), 1-10.

Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Monica, S. S., Pamugkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1459–1470. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839