PEMBELAJARAN SHALAT JAMAK DAN QASHAR DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DI KELAS VIIC SMPN 1 SURANENGGALA

  • Sarika SMPN 1 Suranenggala
Keywords: Hasil belajar, Metode Demonstrasi, Eksperimen

Abstract

Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian shalat jamak dan qashar serta sebab-sebabnya,  kemampuan dalam menjelaskan shalat-shalat yang boleh dijamak dan diqashar, kemampuan siswa dalam mempraktekkan shalat jamak taqdim dan takhir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIC SMPN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang “Shalat Jamak dan Qashar” dengan penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas VIIC SMP Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari mulai mulai pra test hingga siklus terakhir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dan Eksperimen  dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi “Shalat jamak dan Qashar”  di Kelas VIIC SMP Negeri 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon

Published
2020-12-04
How to Cite
Sarika, S. (2020). PEMBELAJARAN SHALAT JAMAK DAN QASHAR DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DI KELAS VIIC SMPN 1 SURANENGGALA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 618-623. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.628
Section
Articles