Pengaruh Gerakan Program Literasi Sekolah Dengan Model MLM (Membaca Lima Belas Menit) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Eksplanasi Kelas V SDN 20 Cakranegara

Authors

  • I Wayan Mudiarsa Darmanika Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram
  • Fitri Puji Astria Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12093

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Model MLM (Membaca Lima Belas Menit) dalam gerakan program literasi sekolah terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi kelas V SDN 20 Cakranegara. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (Quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN 20 Cakranegara, terdiri dari 2 kelas yaitu : Kelas A terdiri dari 27 siswa dan Kelas B terdiri dari 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat dilihat pada table di atas diperoleh nilai thitung = 3,849 ≥ ttabel 2,010, dengan nilai sig (2-tailed)  adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan ada pengaruh gerakan program literasi sekolah dengan model MLM (membaca Lima Belas Menit) terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi kelas V SDN 20 Cakranegara. Maka dapat ditarik kesimpulan dari hasil uji tersebut terdapat pengaruh program literasi sekolah dengan model MLM (Membaca Lima Belas Menit) terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi.

Keywords:

Model MLM (Membaca Lima Belas Menit), Kemampuan Memahami isi Teks Eksplanasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhilah, Amirah. (2018). Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Fijayanti, I. U. D. R. (2015). Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya: Studi Deskriptif Program Membaca Lima Belas Menit Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya Dilihat Dari Dimensi Produktivitas, Kualitas, Efisiensi, Flexibilitas, Keunggulan, Pengembangan dan Kepuasan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Lestari, I. M., Gunayasa, I. B. K., & Zain, M. I. (2021). Keterlaksanaan Program Literasi Baca-Tulis Pada Kelas Tinggi di SDN 26 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal ilmiah mandala education, 7(4).

Lilik, R. (2018). Upaya Peningkatan Program Literasi Di Perpustakaan SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 146-156.

Syafari, C. L., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5883–5896. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9101

Wisma, B. A. L. ., Ermiana, I. ., & Affandi, L. H. . (2023). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3804

Downloads

Abstract Views : 120
Downloads Count: 18

Published

2025-03-13

How to Cite

Darmanika, I. W. M., Istiningsih, S., Erfan, M., & Astria, F. P. (2025). Pengaruh Gerakan Program Literasi Sekolah Dengan Model MLM (Membaca Lima Belas Menit) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Eksplanasi Kelas V SDN 20 Cakranegara. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12093

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.