EVALUASI RPP DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI MODEL BEBAS TUJUAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.11Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program RPP dan pelaksanaan program RPP di SMA 1 Pecangaan kelas X selama tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metodologi observasi sederhana. Proses evaluasi berfokus pada efek sampingan positif, negatif, dan positif yang relevan dengan tujuan atau di luar program. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan guru bahasa Indonesia di SMA 1 Pecangaan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan studi literatur. Selain itu, teknik analisis data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi RPP dan kegiatan pembelajaran menghasilkan pengembalian investasi positif sebesar 81,8%, pengembalian investasi negatif sebesar 69,6%, dan pengembalian investasi positif sebesar 76,1%. Berdasarkan temuan penelitian, efek positif dan negatif lebih menonjol daripada efek negatifnya. Dari hasil temuan disimpulkan evaluasi RPP dan proses pembelajaran telah selesai atau memuaskan namun, dampak negatif yang terjadi harus dipertimbangkan dan dicari solusinya.
Keywords:
Evaluasi Program, Model Bebas Tujuan, Teks LHO, Bahasa IndonesiaDownloads
References
Abdul Madjid, H. Prof. Dr. MM. M.Pd. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta : Haja Mandiri.
Anitah, Sri. 2017. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta :Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gronlund, N. E. (2014). Assessment of Student Achievement (10th ed.). Pearson.
Hafid &Mahsun. Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. Al-Fikrah, 3(2) 2020, https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.68.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2) https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2)
Mirza Bashirudin Ahmad, dkk. 2013. Model Evaluasi Kurikulum Goal Free Evaluation Model : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sopiansyah, D., dkk, Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Jurnal Reslaj, 4(1), 2022, hlm. 34.
Wirawan, Dr. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers.
Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.
Yusuf Tayibnapis, Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Anam, C., & Sundari, N. L. (2017). Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi Perangkat Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 8-16.
Stufflebeam, D. L. (2001). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Springer.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mila Roysa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work