Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Aniqoh Shofwani STIE Semarang
  • Siti Rochmah STIE Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1074

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah managemen operasional di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar managemen operasional di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas  yang terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar managemen operasional di masa pandemi covid-19 bahwa penggunaan metode PBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa. Pada pembelajaran pra siklus terdapat 41% (9 mahasiswa) memperoleh skor minat belajar ≥30 (standar minimal) dan 54% (12 mahasiswa) memperoleh hasil tes diatas 75,00 (KKM). Pada siklus I mengalami peningkatan, 77% (17 mahasiswa) memperoleh skor minat belajar ≥ 30 dan sebesar 73% (16 mahasiswa) mencapai ketuntasan hasil belajar. Pada siklus 2 kembali mengalami peningkatan, 86% (19 mahasiswa) mencapai ketuntasan skor minat belajar dan sebanyak 90% (20 mahasiswa) mencapai ketuntasan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode PBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah managemen operasional.

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, managemen operasional, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti Umi Nur, Sarjono, Ahmad Hariyadi (2020). Penerapan Motode Pembelajaran Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan pada kelas XI IPS MA Abu Dzarrin Kendal Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Lentera Vol 13 (2). 305-314.
Ayun Sirosa, M., Sarjono, Ahmad Hariyadi (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C di MTs Islamiyah Malo Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara Vol. 7(1). 29-36.
Baran, M., Maskan, A., & Yaşar, S. (2018). Learning physics through project-based learning game techniques. International Journal of Instruction, 11(2), 221-234.
Cheong, F. (2008). “Using A Problem-Based Learning Approach to Teach an Intelligent Systems Course”. Jurnal of Informastion Technology Education, 7, 47-60.
Choden, T., & Kijkuakul, S. (2020). Blending Problem Based Learning with Scientific Argumentation to Enhance Students’ Understanding of Basic Genetics. International Journal of Instruction, 13(1), 445-462.
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo. 3 (2), 263-276.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.
Harapit, Syef. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2(4), 912-917.
Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111.
Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.
Hasanah Uswatun , Sarjono , Ahmad Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara. Vol. 7(1). 43-52.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Hidayati NA., H J. Waluyo, R. Winarni, Suyitno. (2019). Meanings and Values of Local Wisdom in Sura Salvation Ceremony of Samin Jepang Community, Indonesia for Audio Visual Technology-Based Learning. EUDL. http://dx.doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282549
Indriyani. (2014). Kesesuaian gaya belajar terhadap persepsi penerapan problem based learning (PBL) pada mahasiswa. Syifa' MEDIKA Vol.4, No 2, 120-134.
Nofrianti, R. (2016). Pendapat mahasiswa terhadap implementasi PBL pada kurikulum berbasis kompetensi pada program studi s1 keperawatan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. Vol 5, No 2, 78-87.
Ju, H., & Choi, I. (2018). The role of argumentation in hypothetico-deductive reasoning during problem-based learning in medical education: A conceptual framework. Interdisciplinary J. of Problem-based Learning, 12(1), 1-18.
Miharja, F.J. (2015). Penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.
Ojaleye, O. & Awofala, A.O.A. (2018). Blended Learning and Problem-Based Learning Instructional Strategies as Determinants of Senior econdary School Students’ Achievement in Algebra. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 4(2), 486-501.
Redhana, I. W,. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Cakrawala Pendidikan, XXXI (3):351-365.
Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. (2020). PBL and Academic Procrastination of Students in Learning Physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489-508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a
Yanuarta, L., Abdul Gofur, Sri Endah Indriwati. (2017). Pengembangan Karakter dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pembelajaran Think Talk Write Dipadu Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2 (2), 192-198.
Wiji Astutik, S. Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII SMPN 1 Senori Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara. Vol. 7(1). 37-42
Zabit, M.N.M. (2010). “Problem-Based Learning on Students Critical Thinking Skills in Teaching Business Education in Malaysia: A Literature Review”. American Journal of Business Education, 3 (6), 19-32.

Downloads

Abstract Views : 3558
Downloads Count: 2782

Published

2021-05-24

How to Cite

Shofwani, S. A., & Rochmah , S. . (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 439–445. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1074

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.