Penerapan Strategi Learning Contract dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1014Abstract
IPA merupakan cabang ilmu sains yang mempelajari tentang kehidupan. Dalam pembelajaran sains ditekankan adanya pengalaman langsung yang dialami siswa. Dalam konteks ini seorang siswa harus menggunakan metode-metode ilmiah yaitu menggali pengetahuan melalui penyelidikan atau penelitian, mengkomunikasikan pengetahuannya kepada orang lain, menggunakan keterampilan berpikir, menggunakan sikap dan nilai ilmiah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Learning Contract pada materi Listrik statis pada siswa kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Bahwa strategi Learning Contract dapat dilaksanakan sebagai strategi pembelajaran pada materi pokok Listrik statis di kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon 2). Banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan aktivitas belajar [PA siswa kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon adalah sebanyak 3 siklus. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan antara lain: 1). Bagi pihak sekolah hendaknya lebih sering melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki mutupembelajaran 2). Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai sumbangan bagi khazanah pengembanganpendidikan 3). Bagi Guru hendaknya dapat menerapkan strategi ini sebagai salah satu strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Keywords:
learning contract, hasil belajar, IPADownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work