Meningkatkan Hasil Belajar Mengoperasikan Peralatan Pengolahan Hasil Pertanian Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw

  • Dina Damayanti SMK Negeri 1 Cangkringan
Keywords: hasil belajar, cooperative learning tipe jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan dengan metode cooperative learning tipe jigsaw.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan  yang terdiri dari 29 siswa Siswa dibagi dalam beberapa kelompok belajar yang heterogen yang beranggotakan 5-6 orang dengan menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Penelitian ini berlangsung dua siklus  masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian. Data primer diungkap dengan data nilai dan kriteria penilaian untuk mencatat hasil belajar siswa dalam proses tindakan dan mencatat tata laksana pengelolaan penelitian ini. Data primer diperoleh dengan menilai hasil diskusi, presentasi, praktik dan ters tertulis yang berupa kuis dan tes formatif. Data dianalisis dengan menggunakan acuan penilaian kelas untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian setelah menjalani proses tindakan berupa cooperative learning tipe jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Hartini, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 1-14.
Kemmis, Stephen & Robin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Luvitasari, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknologi Pengolahan Makanan Di Smk Negeri 1 Berastagi (Doctoral dissertation, UNIMED).
Purbokawotjo, R. Suganda, A. Gazali, dan D.H. Dequitjo (1990). Pengantar Paedagogik. Jakarta. Penerbit Ganeca.
Rohani H.M., Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Suparman, M. Atwi, (2001). Desain Instruksional. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tritjahjo Danny Soesilo, (2015). Teori dan Pendekatan Belajar : Implemantasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Penerbit Ombak.
Published
2021-06-26
How to Cite
Damayanti, D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mengoperasikan Peralatan Pengolahan Hasil Pertanian Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 541-545. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1089
Section
Articles