PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD

Authors

  • Tia Afrinanda Pratiwi Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3087

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menekankan pada kegiatan bekerja sama dalam sebuah kelompok yang memiliki latar belakang yang berbeda (heterogen). Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, guru belum menggunakan model Think Pair Share, hasil belajar peserta didik cenderung rendah seperti yang terlihat dari  rata-rata nilai PTS. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Kooperatif jenis Think Pair Share (TPS) akan Hasil Belajar Peserta didik pada Proses belajar Tematik Terpadu Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen melalui “nonequivalent control group design”. Seluruh peserta didik kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan IV Jurai merupakan populasi. Cluster random sampling dipakain dalam pemilihan sampel. Hasilnya diperoleh SDN 26 Painan Selatan menjadi sekolah sampel, dengan kelas IV A menjadi grup eksperimen dan IV B menjadi grup kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai posttest rata-rata untuk grup eksperimen yakni 81,06, namun untuk grup kontrol mendapat nilai 65,37. Rata-rata posttest menunjukkan dimana rata-rata nilai grup eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai grup kontrol. Sesudah dilakukan pengujian hipotesis diketahui dimana thitung = 4,574 dan ttabel = 2,042 dimana taraf signifikan 0,05. Hasilnya, H1 diterima sedangkan H0 ditolak karena thitung > ttabel, dan dapat ditarik kesimpulan dimana penggunaan model kooperatif jenis Think Pair Share (TPS) memiliki pengaruh signifikan akan hasil belajar peserta didik pada proses belajar tematik terpadu IV SD.

Keywords:

hasil belajar, model kooperatif TPS, pembelajaran belajar tematik terpadu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astimar, N., & Indrawati, T. (2014). Penggunaan Model Pbl Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar X Tanah Datar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 98. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4318

Efrina, R., & Lena, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik menggunakan Model Discovery Learning di Kelas SD Improving Thematic Learning Outcomes Using Discovery Learning Model in Class IV. 8(1), 30–41.

Eliyasni, R., Anita, Y., & Hanafi, A. S. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10322

Kasimuddin. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1), 88–105.

Kazumaretha, T., Arisanti, Y., & Fitria, Y. (2020). Universitas Negeri Padang 184 Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal, 10(2).

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 30–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482

Reinita, R. (2017). Pengaruh penggunaan model kooperatif tipe think pair share (tps) dalam pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8615

Reinita, R., & El Fitri, A. (2019). The Effect of Cooperative Two Stay Two Stray Model on Civics Learning Outcomes of Primary School Students. 382(Icet), 433–437. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.109

Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. … Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2015), 3132–3144. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10542

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 238
Downloads Count: 197

Published

2022-10-27

How to Cite

Afrinanda Pratiwi, T., & Yanti Fitria. (2022). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1256–1265. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3087

Issue

Section

Articles