PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2941Abstract
Rendahnya hasil belajar mata pelajaran matematika peserta didik menjadi pendorong pada penelitian ini. Dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mendorong peserta didik untuk berkolaborasi dan berpartisipasi pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan menantang untuk mengembangkan pemahaman siswa secara bertahap hingga berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi model pembelajaran yang kreatif dan baru untuk secara efektif mendukung proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika, dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar. Penelitian ini berusaha untuk memastikan bagaimana paradigma pembelajaran kooperatif jigsaw mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Dalam uji kuantitatif, penelitian ini menggunakan Post-Test Only Control Design dalam kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Penjaringan 10 Pagi dengan jumlah peserta didik sebanyak 64 pada tahun ajaran 2021-2022. Sampel terdiri dari siswa kelas IV SDN Penjaringan 10 Pagi yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A yang berfungsi sebagai kelas eksperimen yang diberikan treatment menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dengan jumlah 32 siswa dan kelas IV-B sebanyak 32 yang berfungsi sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Istrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda. Uji t sampel independen, uji homogenitas data, dan uji normalitas data digunakan dalam teknik analisis data. Hasil menunjukkan bahwa 0,000 0,05. Jadi, h 0 tidak disetujui sedangkan h 1 disetujui. Antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang cukup besar. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdampak pada hasil belajar matematika siswa SD kelas IV.
Keywords:
hasil belajar, matematika, model pembelajaranDownloads
References
, & Sonny Eli Zaluchu. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. 3(March), 6.
Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 270–277. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1409
Ananda, D., Muhyani, M., & Suhandi, T. (2020). Systematic Literature Review Implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 106. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.4005
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Bahri, S., & Mustajab, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.97
Damanik, D. R., Darwis, M., & Rifai, A. A. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X OTKP SMK YPKP Sentani Kab. Jayapura Papua. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 63–69.
Fatoni, H., Gularso, D., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau Dari Prestasi Belajar Ips Kelas V Sd N Kasihan Bantul Jurnal Pgsd Indonesia P-ISSN 2443-1656 | E-ISSN 977-2549477. 3(2).
Jaelani1, Meriyati2, Mukti Amini3, K. (2019). Efektivitas Model STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik Kelas 5 SDN 1 Sidorahayu Jaelani1,. 01(01), 39–50.
Kusuma, Mujib, Syahputra, A. (2020). Perangkat, Pengembangan Kooperatif, Pembelajaran Think, Tipe Write, Talk Meningkatkan, Untuk Siswa, Representasi Matematis Kusuma, Nita Mujib, Abdul Syahputra, Edi Ariswoyo, Suwarno Kooperatif, Pembelajaran Think, Tipe Write, Talk Matematis, Representasi. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39–45.
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Bioma, 2(2), 51–59.
Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735
Made Wesyartha Pande, Aswasulasikin, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Office 365 Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA SD Kelas V Gugus IV Kecamatan Sambelia. 2(2), 196–205.
Marwatan, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pecahan Nilai Uang Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 146/X Tanjung Solok. Journal on Education, 4(2), 437–447. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.463
Mustamiin, M. Z. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 65–76.
Noveria, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. 9(September), 275–281.
Novitasari, R. W. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Cr-Det Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ipa Sma Muhammadiyah 9 Surabaya.
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Phet: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Safitri, A., & Reinita, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2130–2138. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.689
Simaguna, L. H., Kristayulita, K., & Kurniawati, K. R. A. (2020). Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.67-76
Suryanita SP, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Video Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 92. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14291
Upu, H., Intang, B., & Akhmad, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika. IMED (Issues In Mathematics Education), 2(2), 152–160.
Werdiningsih, E., & Irfan Mukhlishin, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas. 4(2), 60–65. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar
Widyaningrum, M. D., & Harjono, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 57–60. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1446
Yojinato, F., & Hidayat, D. (2020). P. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 110. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.2252
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wahyuni, Rahmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).