PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPENDAPAT DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2201Abstract
Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas berpendapat dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik terpadu yang dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan suatu pencapaian kreativitas berpendapat serta prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu berdasarkan model Problem Based Learning. penelitian yang dilaksanakan ialah penelitian tindakan kelas berdasarkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan penelitian didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta perefleksian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya ialah berupa hasil pengamatan, catatan lapangan, wawancara serta hasil tes. Penelitiannya dilakukan pada Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ialah teman sejawat di SDN 06 Kampung Baru Padusunan selaku observer, peneliti dan peserta didik kelas V berjumlah 21 orang yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian tahap I dalam RPP rata-rata 79,16% (cukup), meningkat dalam tahap II menjadi 84,72% (baik) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 91,67% (sangat baik). Pelaksanaan tahap I dalam kreativitas berpendapat siswa rata-ratanya 75% (sering), meningkat dalam tahap II menjadi 85% (selalu) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 90% (selalu). Hasil belajar peserta didik dalam tahap I rata-ratanya 73,51 (cukup), meningkat dal tahap II menjadi 81,80 (baik) dan meningkat lagi dalam tahap III menjadi 85,36 (baik). Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulannya bahwasanya model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kreativitas berpendapat serta hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.
Keywords:
hasil belajar, kreativitas berpendapat, problem based learningDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).