ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mutia Azzahra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677

Abstract

Pembelajaran tematik menekankan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa dapat diharapkan memperoleh pengalaman secara langsung sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dalam pembelajaran tematik dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini, yaitu guru kelas IV, 9 siswa kelas IV, dan orang tua siswa kelas IV SDN Srengseng Sawah 11 Jakarta Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan cara reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik, yaitu (1) siswa pasif ketika menjawab pertanyaan guru, (2) siswa aktif ketika bercanda dengan teman, (3) materi terlalu banyak, (4) siswa perlu menalar untuk memahami materi, (5) siswa merasa bingung, dan (6) siswa merasa bosan. Selain itu, faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam pembelajaran tematik, yaitu (1) sikap siswa, (2) pemahaman siswa, (3) minat siswa, (4) kemampuan intelektual siswa, (5) perhatian orang tua.

Keywords:

kesulitan belajar, pembelajaran tematik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdiyah, L., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 127–136. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6951

Amaliyah, N., & Pujiyanti, D. (2021). Thematic Learning Implementation Multiple Intelligences based Elementary School Character Depok. 7(7), 93–107. https://doi.org/10.5281/zenodo.5080036

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.

Bangsawan, B., Rijal, A., & Rozi, Z. F. (2020). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V Sd Negeri 61 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 133–141. https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1106

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Faznur, L. S., Khaerunnisa, Lutfi, & Rohim, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8812/5164

Firdhaus, N. D., Istiqamah, & Aflah, N. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di Sd/Mi. MODELING: Jurnal Prodi PGMI, III(1), 56–69.

Jihad, S., & Muhammad, S. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas Vi Mi Nw Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, xvii(3), 96–118. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/480

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). CV. AE Media Grafika.

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819

Prabandari. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadul. FKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana Prenada Media Group.

Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Cd Interaktif. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2), 22–28.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Salmia, & Yusri, A. M. (2021). The Role of Teachers in 21st Century Learning During the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education The, 5(1), 82–92.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 73, 33–47.

Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387.

Ulfah, S. M., Trisiana, A., & Widyaningrum, R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Tematik Integratif Pada Peserta Didik Kelas 5 Sdn 1 Suruh Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Sinektik, 1(2), 37–47.

Wahyuni, hermin tri, Setyosari, P., & Dedi, K. (2020). Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di Sdn 2020 M / 1442 H.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517

Wulandari, F. S. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di SDIT Harapan Umat Brebes. May 2016, 222.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JUPENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. https://www.neliti.com/publications/71281/kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah-dasar

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Mengingat Pembelajaran Matematika. Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI), 2(2), 327–335. https://journal.uii.ac.id/RPI/article/view/18351%0Ahttp://latifkurniawan.blogspot.com/2011/04/kesulitan-siswa-dalam-mengingat.html

Downloads

Abstract Views : 8522
Downloads Count: 4471

Published

2022-07-25

How to Cite

Azzahra, M., & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851–859. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.