ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677Abstract
Pembelajaran tematik menekankan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa dapat diharapkan memperoleh pengalaman secara langsung sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dalam pembelajaran tematik dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini, yaitu guru kelas IV, 9 siswa kelas IV, dan orang tua siswa kelas IV SDN Srengseng Sawah 11 Jakarta Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan cara reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik, yaitu (1) siswa pasif ketika menjawab pertanyaan guru, (2) siswa aktif ketika bercanda dengan teman, (3) materi terlalu banyak, (4) siswa perlu menalar untuk memahami materi, (5) siswa merasa bingung, dan (6) siswa merasa bosan. Selain itu, faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam pembelajaran tematik, yaitu (1) sikap siswa, (2) pemahaman siswa, (3) minat siswa, (4) kemampuan intelektual siswa, (5) perhatian orang tua.
Keywords:
kesulitan belajar, pembelajaran tematikDownloads
References
Abdiyah, L., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 127–136. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6951
Amaliyah, N., & Pujiyanti, D. (2021). Thematic Learning Implementation Multiple Intelligences based Elementary School Character Depok. 7(7), 93–107. https://doi.org/10.5281/zenodo.5080036
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.
Bangsawan, B., Rijal, A., & Rozi, Z. F. (2020). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V Sd Negeri 61 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 133–141. https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1106
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Faznur, L. S., Khaerunnisa, Lutfi, & Rohim, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8812/5164
Firdhaus, N. D., Istiqamah, & Aflah, N. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654
Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di Sd/Mi. MODELING: Jurnal Prodi PGMI, III(1), 56–69.
Jihad, S., & Muhammad, S. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas Vi Mi Nw Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, xvii(3), 96–118. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/480
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). CV. AE Media Grafika.
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819
Prabandari. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadul. FKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana Prenada Media Group.
Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Cd Interaktif. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2), 22–28.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Salmia, & Yusri, A. M. (2021). The Role of Teachers in 21st Century Learning During the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education The, 5(1), 82–92.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 73, 33–47.
Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387.
Ulfah, S. M., Trisiana, A., & Widyaningrum, R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Tematik Integratif Pada Peserta Didik Kelas 5 Sdn 1 Suruh Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Sinektik, 1(2), 37–47.
Wahyuni, hermin tri, Setyosari, P., & Dedi, K. (2020). Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di Sdn 2020 M / 1442 H.
Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517
Wulandari, F. S. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di SDIT Harapan Umat Brebes. May 2016, 222.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JUPENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. https://www.neliti.com/publications/71281/kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah-dasar
Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Mengingat Pembelajaran Matematika. Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI), 2(2), 327–335. https://journal.uii.ac.id/RPI/article/view/18351%0Ahttp://latifkurniawan.blogspot.com/2011/04/kesulitan-siswa-dalam-mengingat.html
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mutia Azzahra, Nurrohmatul Amaliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).