MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI INSTRUKSI PADA SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2426Abstract
Pemahaman siswa akan instruksi menjadi salah satu bagian inti dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya, pembentukan pemahaman siswa akan instruksi memiliki beberapa masalah yang sering ditemukan di dalam kelas. Karena itu, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu menolong siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami instruksi yang diberikan. Oleh alasan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran langsung di dalam kelas sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi pembelajaran. Model ini cocok digunakan karena model pembelajaran langsung adalah salah satu model pembelajaran yang bersifat prosedural dan deklaratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara penerapan model pembelajaran langsung dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi yang diberikan pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran langsung mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi, apabila pembelajaran dilakukan secara terstruktur, adanya komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, serta berorientasi kepada siswa. Pada pembelajaran daring, penggunaan teknologi sangat penting dalam mengembangkan model pembelajaran langsung. Karena itu, sangat diharapkan guru dapat memaksimalkan penggunaan teknologi saat menerapkan model pembelajaran langsung pada pembelajaran daring.
Keywords:
instruksi, model pembelajaran langsung, pemahaman, pembelajaranDownloads
References
Agustinaningsih, W., Sarwanto, & Suparmi. (2014). Pengembangan Instruksi Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Pada Pembelajaran Fisika Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Inkuiri, 3(I), 50–61. Diambil dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/3842
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. Diambil dari http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anggriyani, A. R., Muzzazinah, & Widoretno, S. (2018). Penerapan Instruksi Pada Tahap Discussion Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep. Journal Biogenesis, 14(2), 37–44. Diambil dari biogenesis.ejournal.unri.ac.id
Arvianto, I. R., & Masduki, B. M. (2011). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pendekatan Instruksional Concrete Representational Abstract (CRA) (PTK Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Banyudono). Prosiding Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, 170–179. Diambil dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/569/MAK-ILHAM-(170-179).pdf?sequence=1
Asna. (2019). Sistematika Pemberian Instruksi Kepada Siswa Kecil Sekolah Dasar (Universitas Pelita Harapan). Universitas Pelita Harapan. Diambil dari http://repository.uph.edu/5177/
Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 di SMP Negeri 8 Bintan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika ((JIPM), 5(2), 131–137. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1176
Gule, Y. (2021). Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. In Jurnal Abdiel (Vol. 1). https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.183
Mudjiono, & Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad, M. (2012). Ketepatan Instruksi Kegiatan Praktikum dalam Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Sains Kelas 1-6 Sekolah Dasar. JESBIO, I(1), 1–7. Diambil dari https://core.ac.uk/display/131982172
Nanang, Surya, M., & Hamdani, N. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tutorial Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika. Teknologi Pembelajaran, 2(1), 189–197. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v2i1.109.g133
Nurjanah, I. S., Nuryani, P., & Iriawan, S. B. (2020). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 120–129. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30054
Pratama, R. A. (2016). Pengembangan Modul Membaca Kritis Dengan Model Instruksi Langsung Berbasis Nilai Karakter. 3(2), 173–190. Diambil dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika
Purwaningsih, E. S. (2015). Pembelajaran Memahami Teks Instruksi (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Alam Harapan Kita Klaten) Tahun Pelajaran 2014/2015 (Universitas Widya Dharma). Universitas Widya Dharma. Diambil dari http://repository.unwidha.ac.id/273/
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 17. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431
Shofiya, S., & Sartika, S. B. (2020). Peran Guru Ipa Smp Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(2), 112–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28566.g16698
Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179. https://doi.org/10.15294/harmonia.v11i2.2210
Sudirah. (2020). Penerapan metode instruksi langsung (direct instruction) dalam sistem pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 3 SD. Indonesian Science Education Journal, 1(2), 97–108. Diambil dari https://siducat.org/index.php/isej/article/view/49
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.
Yamin, M. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing).
Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 7(2), 115–120. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652
Zahriani. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 1(1), 95–106. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lase, Tangkin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).