PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3087Abstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menekankan pada kegiatan bekerja sama dalam sebuah kelompok yang memiliki latar belakang yang berbeda (heterogen). Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, guru belum menggunakan model Think Pair Share, hasil belajar peserta didik cenderung rendah seperti yang terlihat dari rata-rata nilai PTS. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Kooperatif jenis Think Pair Share (TPS) akan Hasil Belajar Peserta didik pada Proses belajar Tematik Terpadu Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen melalui “nonequivalent control group design”. Seluruh peserta didik kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan IV Jurai merupakan populasi. Cluster random sampling dipakain dalam pemilihan sampel. Hasilnya diperoleh SDN 26 Painan Selatan menjadi sekolah sampel, dengan kelas IV A menjadi grup eksperimen dan IV B menjadi grup kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai posttest rata-rata untuk grup eksperimen yakni 81,06, namun untuk grup kontrol mendapat nilai 65,37. Rata-rata posttest menunjukkan dimana rata-rata nilai grup eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai grup kontrol. Sesudah dilakukan pengujian hipotesis diketahui dimana thitung = 4,574 dan ttabel = 2,042 dimana taraf signifikan 0,05. Hasilnya, H1 diterima sedangkan H0 ditolak karena thitung > ttabel, dan dapat ditarik kesimpulan dimana penggunaan model kooperatif jenis Think Pair Share (TPS) memiliki pengaruh signifikan akan hasil belajar peserta didik pada proses belajar tematik terpadu IV SD.
Keywords:
hasil belajar, model kooperatif TPS, pembelajaran belajar tematik terpaduDownloads
References
Astimar, N., & Indrawati, T. (2014). Penggunaan Model Pbl Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar X Tanah Datar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 98. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4318
Efrina, R., & Lena, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik menggunakan Model Discovery Learning di Kelas SD Improving Thematic Learning Outcomes Using Discovery Learning Model in Class IV. 8(1), 30–41.
Eliyasni, R., Anita, Y., & Hanafi, A. S. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10322
Kasimuddin. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1), 88–105.
Kazumaretha, T., Arisanti, Y., & Fitria, Y. (2020). Universitas Negeri Padang 184 Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal, 10(2).
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 30–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482
Reinita, R. (2017). Pengaruh penggunaan model kooperatif tipe think pair share (tps) dalam pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8615
Reinita, R., & El Fitri, A. (2019). The Effect of Cooperative Two Stay Two Stray Model on Civics Learning Outcomes of Primary School Students. 382(Icet), 433–437. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.109
Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. … Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2015), 3132–3144. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10542
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tia Afrinanda Pratiwi, Yanti Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).