PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung monoton tanpa memperhatikan partisipasi aktif siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan kelas III SD Negeri Rambay yang berjumlah 8 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis.Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran project based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Keywords:
Project Based Learning, Berpikir Kritis, Kelas RendahDownloads
References
Asrori. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.
Azizah, & Naniek. (2018). Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning. 36–51.
Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar IslamJurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.
Donaviza, M. F., & Eliyasni, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 197–205. https://doi.org/10.24036/8851412422020230
Fahrezi, I. … Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Fitri, H. … Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Fuadah, K. … Ibrohim. (2016). Project Based Learning Bersumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 10–16.
Guo, P. … Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hapsari, D. I. … Satya, K. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Implementation of Project Based Learnng To Improve Mathematics Learning Motivation the. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar IslamJurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161.
Hasanah, N. … Rokhimawan, M. A. (2020). Profesionalisme Guru Menanamkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Ipa Pada Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Bego. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a1.2020
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Khoerunnisa, P. … Tangerang, U. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. 4, 1–27.
Mäkiö-Marusik, E. … Pechmann, A. (2019). Concept and case study for teaching and learning industrial digitalization. Procedia Manufacturing, 31, 97–102. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.03.016
Mujiyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan berikir Kritis Siswa SDN 3 Makarti Jaya. 2, 156–159.
Natty, R. A. … Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Normadhita, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pada Pembeajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Di SDN Tegalrejo 2. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, (3), 9.
Pratiwi, C. D. … Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 116–125.
Rabudin. (2020). Teknik dan Alat Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas - PTK.
Rahayu, R. D. Y. … Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20
Restiaji, D. (2021). Profil Dan Level Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Yang Berkaitan Dengan Luas Dan Keliling Bangun Datar : Studi Kasus dengan Perspektif Grounded Theory tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ridho, S. … Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Saadati, B. A. … Barat, N. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Induktif Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia The Implementation of Visual Word Inductive Learning Model to Improve Interest Reading in Indonesian Lenguage. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 105–114.
Susanti, E. … Makiyah, Y. S. (2021). Analysis of problem-solving ability of physics education students in STEM-based project based learning. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012005
Susanti, Evi. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232
Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319
Yulianto, A. … K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.
Yusmanto, H. (2017). Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperaif carousel feedback dan round table (studi pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara).
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, (Desember), 1–17.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nida Winarti, Luthfi Hamdani Maula, Arsyi Rizqia Amalia, N. Liany Ariesta Pratiwi, Nandang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).