EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novianti Choirunnisa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Ika Yatri Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2752

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran sejak menyebarnya pandemi covid-19 yaitu model Blended Learning. Dengan menggunakan model Blended Learning diharapkan dengan adanya penyesuaian model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran selama masa pandemi covid -19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model Blended Learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 serta untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model blended learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di bulan mei. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode studi korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sampel penelitian ialah siswa kelas III SDS Muhammadiyah 4 Jakarta yang terdaftar dalam semester genap 2021-2022 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian diperoleh adanya korelasi yang positif serta memiliki nilai signifikansi antara model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik yang dinyatakan kebenarannya dengan uji signifikansi parsial (t-test) dengan hasil yang diperoleh yaitu adanya efektifitas antara dua variabel, serta bukti hasil pengujian dengan uji simultan (uji-F). Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa model Blended Learning dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III sesuai dengan data hasil penelitian.

Keywords:

blended learning, hasil belajar, model pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Cross, A., Ashok, B., Bala, S., Cutrell, E., Datha, N., Kumar, R., Kumar, V., Parthasarathy, M., Prakash, S., Rajamani, S., Sangameswaran, S., Sharma, D., & Thies, W. (2014). Online learning versus blended learning: An exploratory study. L@S 2014 - Proceedings of the 1st ACM Conference on Learning at Scale, 179–180. https://doi.org/10.1145/2556325.2567869

Cutrell, E., O’Neill, J., Bala, S., Nitish, B., Cross, A., Gupta, N., Kumar, V., & Thies, W. (2015). Blended learning in Indian colleges with massively empowered classroom. L@S 2015 - 2nd ACM Conference on Learning at Scale, 47–56. https://doi.org/10.1145/2724660.2724666

Djohar, A. (2018). Pembelajaran Kognitif. File.Upi.Edu. http://file.upi.edu/Direktori/fptk/jur._pend._teknik_mesin/195012051979031-as’ari_djohar/makalah/pembelajaran_kognitif.pdf

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Firmansyah, R. (2019). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung.

Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(3), 940–944.

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1245

Jeklin, A. (2018). Teknik Analisis Data. July, 1–23.

Ninawati, M. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. Tanggap : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1).

Nursita, D. I. (2021). Penerapan blanded learning pada siswa sekolah dasar: sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi Covide-19. Salima: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 1–12.

Pitriani, S. (2020). Analisis Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 12(1), 54–69.

Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41

Riinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Sucipto, A. (2021). Mengoptimalkan Literasi Fisik Siswa Pasca Pandemi. In Efektivitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas).

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum Di Sekolah. Modul, 3. https://osf.io/preprints/inarxiv/9a7yr/

Suryadi, M. D. (2018). Online addiction relationship game student learning out comes. Juang: Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 65–73.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020 77. 77–92.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syahrin, S. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 Di SMPN 37 Jakarta.

Syahrum., D. (2018). Buku Metodologi penelitian kuantitatif.pdf.

Teti Wahyuni, S.Si., M. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD Di Aceh Besar. LPMP Aceh. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2064

Wahyuni, V. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo

Yanti, B., Wahyudi, E., Wahiduddin, W., Novika, R. G. H., Arina, Y. M. D., Martani, N. S., & Nawan, N. (2020). Community Knowledge, Attitudes, and Behavior Towards Social Distancing Policy As Prevention Transmission of Covid-19 in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 4. https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.4-14

Downloads

Abstract Views : 769
Downloads Count: 394

Published

2022-10-26

How to Cite

Choirunnisa, N., & Ika Yatri. (2022). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 975–985. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2752

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.